Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Peluang Karier Buat Lulusan Ilmu Gizi

Dok.. Consultantdietitians

Topcareer.id – Menjadi lulusan ahli gizi bukan hal yang buruk karena sebenarnya ada beragam pekerjaan terkait dengan nutrisi dan gizi. Ahli gizi atau nutrisionis salah satu di antaranya.

Dengan belajar ilmu gizi, pekerjaan di bidang keamanan makanan, perawatan kesehatan, kesejahteraan perusahaan, hingga pendidikan bisa jadi kemungkinan.

Mendekati Hari Gizi dan Makanan Nasional yang jatuh pada 25 Januari, berikut profesi yang perlu diketahui terkait ilmu gizi.

Baca juga: Jurus Jitu Bikin Orang Pilih Makanan Sehat

1. Ilmuwan pengembangan produk makanan

Menemukan cara baru untuk meningkatkan keamanan, rasa, atau nilai gizi dari berbagai produk makanan adalah tugas para ilmuwan pengembangan produk makanan. Mereka mengerjakan proses dan formulasi untuk meningkatkan kualitas makanan sambil mengendalikan biaya.

Gaji rata-rata per tahun: USD65.300 (Biro Statistik Tenaga Kerja Ameika Serikat)

2. Ahli gizi kesehatan masyarakat

Ahli gizi kesehatan masyarakat adalah orang-orang penting yang berusaha untuk meningkatkan kebiasaan gizi dan kesehatan keseluruhan dari kelompok populasi tertentu; mereka umumnya tidak bekerja dengan klien individu. Mereka mengidentifikasi masalah gizi dan mengembangkan program dan strategi kelembagaan untuk mengatasi masalah tersebut.

Gaji rata-rata per tahun: USD65.0124 (ZipRecruiter)

Baca juga: Doyan Dark Chocolate? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

3. Ahli gizi/Nutrisionis

Tugas khas ahli gizi termasuk menilai kebutuhan diet klien, berkonsultasi dengan berbagai profesional kesehatan, dan membuat rencana nutrisi khusus. Dalam beberapa kasus, mereka juga menawarkan konseling gizi.

Gaji rata-rata per tahun: USD60.3702 (Biro Statistik Tenaga Kerja Ameika Serikat)

4. Auditor keamanan pangan

Meninjau dan menganalisis prosedur keselamatan dan sanitasi di perusahaan yang memproses, makanan adalah fokus utama auditor keamanan makanan. Mereka melakukan inspeksi, menulis laporan, dan terkadang mendidik pekerja tentang kebijakan dan prosedur.

Gaji rata-rata per tahun: USD56,2773 (Salary.com)

5. Spesialis pelabelan makanan

Spesialis pelabelan makanan bertanggung jawab untuk membuat label nutrisi pada produk makanan. Mereka memastikan bahwa bahan-bahan produk, fakta nutrisi, dan peringatan alergen akurat dan sesuai dengan peraturan industri. Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk mendapatkan persetujuan hukum untuk menggunakan label seperti bebas gluten atau halal.

Gaji rata-rata per tahun: USD53.4564 (ZipRecruiter)

6. Ahli gizi klinis

Seperti ahli gizi klinis, ahli gizi klinis mengevaluasi kebutuhan makanan pasien di lembaga perawatan kesehatan dan membuat rencana makan yang disesuaikan dengan kondisi unik setiap pasien.

Gaji rata-rata per tahun: USD50.0003  (PayScale)

7. Terapis gizi

Berdasarkan pemahaman tentang nutrisi dan perilaku manusia, terapis gizi mengambil pendekatan holistik untuk kesehatan dan menilai semua aspek gaya hidup seseorang untuk mengembangkan rencana nutrisi.

Gaji rata-rata per tahun: USD47.2855 (Comparably) *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply