Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Doyan Dark Chocolate? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dark chocolate. (dok. Everyday Health)

Topcareer.id – Dark chocolate atau coklat hitam sarat dengan nutrisi yang dapat mempengaruhi kesehatan. Sebab ia terbuat dari biji pohon kakao, yang merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik di planet ini.

Studi menunjukkan bahwa dark chocolate baik bagi kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Dilansir dari Healthline.com, Kamis (26/12/2019), berikut manfaat kesehatan dari dark chocolate yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

Baca juga: Tidur dengan Lampu Menyala Bisa Bikin Berat Badan Naik

Mengandung gizi
Dark chocolate berkualitas dengan kandungan kakao tinggi sebenarnya cukup bergizi. Mengandung jumlah serat larut yang layak dan sarat dengan mineral. Paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang. Dark chocolate juga mengandung stimulan seperti kafein dan theobromine, tetapi tidak membuatmu terjaga dimalam hari karena jumlah kafein lebih kecil dibanding kopi.

Sumber antioksidan
Dark chocolate sarat dengan senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan. Studi menunjukkan bahwa dark chocolate coklat memiliki aktivitas antioksidan, polifenol dan flavanol lebih banyak daripada buah-buahan lain yang diuji, termasuk blueberry.

Meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah
Flavanol dalam cokelat hitam dapat merangsang endotelium, lapisan arteri, untuk menghasilkan nitric oxide (NO). Salah satu fungsi NO adalah mengirim sinyal ke arteri untuk rileks, yang menurunkan resistensi terhadap aliran darah dan karenanya mengurangi tekanan darah.

Baca juga: 10 Kebaikan Sinar Matahari Pagi untuk Tubuh Kamu

Meningkatkan HDL dan melindungi LDL dari oksidasi
Dalam sebuah studi terkontrol, bubuk dark chocolate ditemukan secara signifikan mengurangi kolesterol LDL teroksidasi pada pria. Ini juga meningkatkan HDL dan menurunkan LDL total untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Dark chocolate juga dapat mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko umum lainnya untuk banyak penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
Senyawa bioaktif dalam dark chocolate juga bagus untuk kulit. Flavonol bisa melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan kepadatan serta hidrasi kulit.

Meningkatkan fungsi otak
Studi menunjukkan bahwa makan dark chocolate selama lima hari meningkatkan aliran darah ke otak. Dark chocolate juga secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua dengan gangguan mental. Selain itu dark chocolate mengandung zat stimulan seperti kafein dan theobromine, yang menjadi alasan utama mengapa bisa meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply