- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, February 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ragam Tantangan yang Wajib Diketahui Freelancer

Ilustrasi. Sumber foto: virgin.comIlustrasi. Sumber foto: virgin.com

Topcareer.id – Gangguan memang sering terjadi di kantor, namun bekerja dari rumah pun bukan berarti kamu akan terbebas dari hal itu.

Gaya hidup bekerja freelance memang lebih tentang otonomi, kebebasan, dan keseimbangan kehidupan kerja. Hal ini membuat freelance terasa mengasyikkan.

Dikutip dari careerfoundry.com, Jumat (17/01/2020), walaupun freelance memiliki banyak kelebihan, namun juga ada kelemahan yang harus menjadi perhatian para freelancer.

Kamu tidak dibayar saat libur atau sakit
Salah satu kelemahan freelance adalah tidak adanya manfaat yang akan kamu terima seperti ketika bekerja di perusahaan. Ketika kamu sakit dan tidak bekerja, kamu tidak akan memperoleh bayaran.

Penghasilan tidak teratur
Penghasilan sebagai freelancer sepenuhnya bergantung pada jumlah pekerjaan yang kamu lakukan karena kamu tidak memiliki penghasilan tetap. Solusinya saat kamu membutuhkan lebih banyak uang, kamu harus rela bekerja ekstra dan mengabaikan hari libur.

Kesepian
Bekerja sebagai freelance rawan kesepian. Akan serba salah jika mengajak teman atau keluarga karena mereka bisa mengganggu fokus. Untuk mengatasi hal ini, coba untuk mendapatkan pengetahuan dari freelancer sukses lainnya tentang cara mereka bekerja dan berteman.

Beberapa klien mungkin membayar terlambat
Klien yang terlambat membayar adalah suatu keniscayaan dari kehidupan pekerja freelancer. Tetapi ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisirnya. Kamu juga bisa meminta DP sebelum mulai bekerja untuk klien.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply