Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Pelatihan Karyawan Efektif? Perhatikan Hal Ini

Training Global Top Career, Jumat (6/9/2019). (foto: M. Irwan Ibrahim/TopCareer.id)

Topcareer.id – Melatih karyawan adalah kunci untuk membangun dan mempertahankan staf yang memiliki motivasi diri. Awalnya, ini akan membutuhkan waktu ekstra, namun hasilnya akan sepadan dengan investasi.

Semakin baik kamu menggelar pelatihan, semakin siap tim kamu untuk mencapai tujuan mereka dan menumbuhkan hubungan kepercayaan serta memberdayakan tim untuk bertindak secara dinamis.

Dikutip dari Insperity.com, berikut langkah-langkah ini untuk membuat proses pelatihan dan feedback kamu lebih efektif.

Baca juga: Diangkat Jadi Karyawan Tetap? Ini Risiko Bila Kamu Terlalu Lama Kerja di Satu Perusahaan

1.Putuskan apa yang ingin kamu capai
Apa pun alasannya, fokuslah pada seperti apa hasil akhirnya seharusnya lebih daripada bagaimana kamu berpikir bagaimana mereka harus sampai di sana. Mintalah masukan dan gagasan mereka. Mungkin mereka membawa sesuatu yang baru dan belum pernah dipelajari sebelumnya. Seorang coach harus memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan agar pelatihan bisa mencapai tujuan.

2. Pilih jalur yang benar
Tetapkan kriteria spesifik yang harus disertakan. Komunikasi harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah proses pelatihan. Penting untuk tidak hanya memberi mereka instruksi dan mengirimkannya. Seorang coach yang efektif mengenal murid-murid mereka pada tingkat tertentu dan memahami apa yang membuat mereka bersemangat dapat membantu seseorang untuk tumbuh dengan cara efektif.

Baca juga: 4 Alasan Utama Karyawan Tidak Bisa Selesaikan Tugas Harian

3. Tetap di atas proses
Jangan berlebihan dengan mengatur secara mikro manajemen staf kamu. Hadirlah di pelatihan untuk membimbing, menginstruksikan, dan menawarkan dorongan dan arahan sesuai kebutuhan, tetapi beri mereka kebebasan dan otonomi. Ukur kemajuan karyawan terhadap batasan yang kamu tetapkan dan setujui.

4. Berikan feedback
Feedback adalah proses dua arah. Karyawan harus mengomunikasikan masalah apa pun. Kamu sebagai coach, harus merespons dengan feedback yang membangun tentang kemajuan mereka dan bagaimana mereka dapat meningkat.

5. Tinjau dan kalibrasi ulang
Temui waktu terakhir dengan karyawan untuk melihat kembali proyek secara keseluruhan. Diskusikan apa yang berhasil dan apa yang tidak, serta apa yang bisa dilakukan secara berbeda di lain waktu. Luangkan waktu untuk merayakan keberhasilan dan menghargai prestasi mereka. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply