Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Wow, Jumlah Wanita di Rusia Lebih Banyak dari Pria

Ilustrasi: Skift

Topcareer.id – Hingga sekarang, jumlah populasi wanita di Rusia masih jauh melebihi jumlah pria.

2018 lalu, Badan Statistik Negara Federal Rusia (Rosstat) kembali menghitung populasi untuk laporan tentang jumlah pria dan wanita di Rusia. Terungkap bahwa 146,9 juta orang tinggal di negara itu, dengan 68,1 juta (46 persen) laki-laki dan 78,8 juta (54 persen) perempuan.

Melansir rbth.com, Senin (20/01/2020), proporsi gender ini telah ada selama lebih dari satu abad. Menurut sensus di tahun 1897, terdapat 32,1 juta (49 persen) laki-laki dan 33,8 juta (51 persen) perempuan di Rusia.

Sejak itu, kesenjangan semakin melebar. Perang Dunia II menelan banyak korban dengan memusnahkan lebih dari 25 juta tentara pria.

Jika kita melihat lebih dalam pada tingkatan usia, distribusinya akan berubah. Orang berusia di bawah 29 tahun lebih banyak laki-laki daripada perempuan. Sedangkan di antara mereka yang berusia 70 keatas, ada 2.377 perempuan untuk setiap 1.000 laki-laki.

Perbedaan ini mencolok di daerah-daerah seperti Veliky Novgorod, di mana usia rata-rata seorang wanita adalah 44 tahun.

Baca juga: Tiru Gaya Hidup Minimalis Ala Jepang yang Bikin Hidup Kamu Bahagia

Kecenderungan jumlah wanita lebih banyak dari pria cukup lazim di Rusia. Namun ada juga daerah dengan kondisi kehidupan yang keras di mana laki-laki merupakan mayoritas penduduk, yakni di daerah pedesaan seperti Murmansk, Chukotka, Kamchatka, Magadan, Yamal-Nenets dan Okrugs Khanty-Mansi. Semuanya terletak di Siberia.

Seperti yang ditunjukkan dalam laporan Rosstat, wanita tampaknya mendominasi jalannya negara. 72 persen dari pegawai negeri Rusia adalah perempuan, sementara di dalam tubuh otoritas kota, ada lebih banyak lagi, sekitar 76 persen.

Hanya ada satu kategori di mana laki-laki lebih banyak dari wanita, dan itu adalah posisi tertinggi dari layanan sipil (kepala departemen dll), di mana mereka mencapai jumlah sekitar 60 persen dari seluruh tenaga kerja.

Bidang pendidikan, perawatan kesehatan, dan penjualan adalah bidang-bidang di mana perempuan secara signifikan jumlahnya lebih banyak dari pria.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply