Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ajukan Pertanyaan Basa-Basi Ini di Kantor Bisa Tingkatkan Karier

Ilustrasi. (dok. Deposit Photos)

Topcareer.id – Membentuk koneksi dengan rekan kerja diharapkan mampu meningkatkan produktivitas, dan kesuksesan karier. Tapi, menjalin persahabatan dengan rekan kerja butuh lebih dari sehari atau seminggu. Kadang, untuk mulai percakapan saja bisa terdengar kikuk.

Obrolan ringan bisa menumbuhkan ikatan yang benar-benar bermakna. Penelitian memberitahu kita bahwa mengajukan pertanyaan yang bijaksana dan spesifik membantu dalam membentuk koneksi.

Berikut beberapa saran pertanyaan efektif buat ngobrol santai atau berbasa-basi dengan rekan kerja, seperti dalam laman The Ladders.

Baca juga: Pasang Senyum Palsu di Kantor Merugikan! Ini Alasannya

1. “Kamu makan malam apa hari ini?”

“Saya menemukan bahwa ini adalah salah satu pertanyaan terbaik yang dapat kamu tanyakan karena memicu percakapan tentang makanan, keluarga, dan tradisi. Terutama sebagai pemimpin, penting untuk diingat bahwa setiap percakapan di tempat kerja tidak harus terkait dengan pekerjaan,” kata Camille Sacco, manajer bank dan instruktur meditasi.

Ketika kamu meluangkan waktu untuk mengenal karyawan secara pribadi, kamu dapat menunjukkan kepada mereka bahwa kamu berinvestasi dalam kehidupan mereka, dan dalam keberhasilan mereka.

2. “Apa kegiatan yang kamu sukai di luar pekerjaan?”

“Saya mendapati bahwa minat yang tulus pada keinginan orang lain membantu memicu percakapan otentik, itulah sebabnya saya ingin bertanya apa yang mereka sukai di luar pekerjaan. Seperti yang dapat dibayangkan, orang mempelajari semua jenis hal tentang kolega mereka yang tidak pernah mereka kenal,” kata MaryBeth Hyland, konsultan budaya.

Baca juga: Kerja dari Rumah? Yuk, Dekor Layaknya Kantor Demi Kreativitas

3. “Siapa karakter Star Wars favoritmu?”

“Kamu bisa bercerita banyak tentang seseorang dengan karakter Star Wars favorit mereka. Tindak lanjuti pertanyaan itu dengan bertanya tentang film favorit mereka. Kedengarannya benar-benar murahan, tetapi Star Wars telah menghubungkan saya dengan begitu banyak rekan kerja,” ucap Amber Faust, fotografer keluarga dan blogger.

4. “Apa hal terbaik yang terjadi minggu ini?”

“Selama pertemuan mingguan kami dengan semua guru sekolah, sudah menjadi bagian dari latihan reflektif kami untuk bertanya, ‘Apa hal terbaik yang terjadi di kelas minggu ini?’ Ini memungkinkan kita untuk berpikir tentang apa yang kita lakukan di sekolah kita,” ujar Christine Denker, guru dan penulis bahasa Inggris.

Menurutnya, itu menghasilkan percakapan tambahan, dan memberikan kehangatan dan hubungan yang tulus antara sesama guru.

Baca juga: Ingin Bahagia di Kantor? Coba Bantu Rekan Kerja

5. “Suka pergi traveling ke mana?”

“Saya mencoba bertanya kepada orang-orang tentang perjalanan mereka. Pertanyaan spesifik yang saya tanyakan adalah: ‘Kemana kamu bepergian dan apa yang kamu lakukan?’ Dan ‘Apa makanan favoritmu?’” ucap Debra Reed, penulis teknis senior.

6. “Film/buku apa yang kamu sukai?”

“Saya seorang freelance produser yang pekerjaan dan kontraknya terus berubah. Saya bertemu orang-orang baru setiap saat, dan keinginan untuk berhubungan dengan orang-orang di tempat kerja adalah proses yang berkelanjutan,” kata freelancer produser, Stephanie Purcell.

Jika ia tidak mengenal rekan kerja dengan baik, ia mungkin mencoba untuk tetap mengedepankan topik itu di mana hampir tiap orang pasti punya pendapatnya sendiri, seperti film bagus apa yang mereka tonton belakangan ini, atau buku yang sedang mereka baca . *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply