Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 13, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kerja dari Rumah? Yuk, Dekor Layaknya Kantor Demi Kreativitas

Ilustrasi. (Interior Design Ideas)

Topcareer.id – Sejak flexible working jadi tren yang menyebar, kantor seolah bisa pindah ke mana saja, termasuk ke rumah. Memindahkan kantor ke rumah bisa meningkatkan produktivitas dan penghasilan, jika memang bisa disesuaikan.

Desainer interior dan konsultan bisnis, Tobi Fairley memberikan saran yang tepat bagaimana membuat rumah layaknya kantor demi meningkatkan produktivitas dan kreativitas.

1. Jadikan kantor rumah tampak indah

Ada banyak cara untuk melakukan ini. Menurut Fairley, kamu dapat mengubah tata letak dan menambahkan dekorasi yang bagus, membuat meja menarik dengan bunga segar, berinvestasi dalam perlengkapan kantor yang bagus atau kursi yang nyaman, atau pastikan ruangan memiliki sinar matahari yang sempurna dan cahaya yang bagus (tapi tidak terlalu mengganggu).

Baca juga: Cara Membuat Rumah Lebih Cerah dan Hangat

2. Kelilingi dengan warna yang tepat

Penelitian di bidang psikologi warna menunjukkan bahwa warna berperan dalam produktivitas. Untuk kantor rumahmu, kamu menginginkan warna yang tidak mengganggu.

Sweet spot merupakan sesuatu di tengah yang memberi energi tetapi masih menyegarkan dan memelihara. Saya menemukan kuning dan biru sangat bagus untuk produktivitas saya sendiri,” kata Fairler dalam laman Money.com.

Abu-abu begitu populer dalam desain interior selama dekade terakhir, tetapi abu-abu belum tentu bagus untuk produktivitas. Itu bisa terlalu menjemukan dan membuat depresi bagi banyak orang. Putih bisa terlalu mencolok. Jadi perhatikan warna ruang dan apakah itu membuatmu bersemangat atau siap untuk tidur siang.

Baca juga: Alasan Bekerja dari Rumah adalah Tren Kerja di Masa Depan

3. Atur suasana dengan pencahayaan yang baik

Pencahayaan memainkan peran besar dalam produktivitas. Pencahayaan fluorescent menguras emosi dan dapat membuat warna dalam ruang terdistorsi, yang selanjutnya dapat mempengaruhi suasana hati atau outputmu.

“Idealnya coba sinar matahari alami atau kualitas pencahayaan yang mensimulasikan cahaya alami atau bahkan lebih baik keduanya. Saya juga menyukai pencahayaan berlapis, seperti pencahayaan lampu atau apa yang disebut pencahayaan ambient, karena lebih lembut dan nyaman daripada pencahayaan overhead dan membuat saya merasa lebih bahagia dan lebih terpelihara,” jelas dia.

4. Temukan suhu yang tepat

Jika ruang kerja terlalu panas atau terlalu dingin, akan sulit untuk menyelesaikan pekerjaan. Jadi, kualitas udara sama pentingnya. Fairley mengaku lebih produktif ketika ia membuka jendela atau bahkan istirahat di luar untuk mendapatkan udara segar.

Suhu udara sangat penting untuk produktivitas. terlalu dingin dapat mengesampingkan fokus dan terlalu hangat bahkan dapat membuatmu tertidur.

5. Buat inkubator ide

Pikirkan tentang menciptakan ruang di rumah yang bebas gangguan dan yang membinamu untuk menciptakan ide-ide terbaik. Fairley menyebutnya “inkubator ide.” Ini bisa berupa pod atau kursi elegan tempatmu duduk. Yang penting adalah ketika kamu duduk di sana, ada tujuan spesifik: mennjemput kreativitas.

6. Akses cepat ke kebutuhanmu

“Saya suka menyimpan lilin beraroma di meja saya jadi saya juga memiliki korek api di sana. Saat kamu berada di ruang kerja, siapkan semua yang mungkin kamu perlukan. Jadi, kamu tidak akan tergoda untuk beranjak – dan kemudian terganggu oleh cucian atau piring kotor di dapur.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply