- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, February 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Membangun Kepercayaan dengan Setiap Orang di Tempat Kerja

Ilustrasi dari serial Mad Men. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Kepercayaan akan membantu menentukan kesuksesan kamu dalam pekerjaan dan karier. Kepercayaan juga inti dari hubungan profesional apa pun.

Sangat penting untuk membangun kepercayaan. Tidak hanya reputasi kamu, tetapi juga networking dari orang-orang yang saling percaya akan membantu perkembangan karier.

Mengutip Monster.com, berikut tips ini untuk membangun kepercayaan dengan rekan kerja, bawahan, dan juga atasan kamu di kantor.

Baca juga: Pekerjaan Ini Dulu Populer, Tapi Kini Hilang Ditelan Zaman

Beri pujian rekan kerja saat berhasil
Salah satu cara untuk memupuk hubungan otentik dengan rekan-rekan kamu adalah dengan memuji pekerjaan mereka. Ketika kamu memberi pujian kepada orang lain, kamu akan terlihat anggun. Namun itu harus otentik dan tepat waktu.

Hindari gosip kantor
Sebab gosip kantor bisa menjadi racun. Ketika kamu frustrasi dengan rekan kerja, sebaiknya curhat kepada seseorang di luar perusahaan. Jika memiliki masalah dengan rekan kerja, cobalah untuk menyelesaikan masalah secara pribadi sebelum membawanya ke HRD.

Berbagi informasi
Katakanlah kamu menghadiri sebuah konferensi, daripada memonopoli semua yang kamu pelajari, berbagilah apa yang kamu pelajari dengan rekan-rekan agar dapat membantu membangun kredibilitas sebagai pemain tim.

Baca juga: Ini Cara Membangun Kepercayaan Anggota Tim pada Manajer

Percayai orang lain
Berikan rekan kerja kamu semua bantuan yang mereka butuhkan dari kamu, kemudian percayai mereka untuk mengeksekusi. Terlalu banyak manajer melakukan mikro manajemen untuk karyawan mereka. Itu bisa menjadi pukulan besar untuk membangun kepercayaan.

Investasikan pengembangan karyawan
Beri feedback yang jujur untuk karyawan disertai kombinasi pujian dan kritik membangun secara teratur. Karyawan akan mempercayai pemimpin yang membuat mereka merasa dihargai.

Bersikaplah konsisten
Kinerja kamu tidak hanya harus konsisten, tetapi juga suasana hati. Bos kamu perlu tahu bahwa kamu dapat diandalkan untuk menjaga pikiran yang tenang, dingin, dan tenang.

Perhatikan komunikasi non-verbal
Bahasa tubuh dapat membantu membangun kepercayaan dengan rekan kerja, tetapi itu juga dapat merusak jika tidak berhati-hati. Ciptakan suasana penyambutan bagi orang lain sehingga mereka tidak ragu untuk mendekat.

Tingkatkan value kamu
Tempat kerja bisa menjadi makhluk buas untuk ditangani, jadilah seseorang yang bisa dituju orang lain untuk mendapatkan nasihat. Semakin kamu mengembangkan soft skill, semakin bermanfaat kamu bagi orang lain. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply