Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pekerjaan Ini Dulu Populer, Tapi Kini Hilang Ditelan Zaman

Switchboard operator. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Pernahkah kamu membayangkan bahwa ada pekerjaan yang jaman dahulu cukup populer namun kini sudah tidak ada akibat perkembangan jaman yang semakin modern?

Beberapa pekerjaan yang kini telah tiada ini cukup unik bila dibandingkan dengan pekerjaan di masa kini, bahkan ada beberapa yang cukup berbahaya.

Dilansir dari Mentalfloss.com, berikut beberapa pekerjaan yang sudah tidak ada lagi di jaman sekarang.

Penjual buku pintu ke pintu
Pada abad ke-18 dan 19, beberapa penjual buku melakukan perjalanan dari pintu ke pintu untuk menawarkan buku daripada mendirikan toko buku. Mereka akan membawa sampel buku dan ilustrasi yang mereka tawarkan untuk mempromosikan produk mereka.

Baca juga: Banjir Membawa Berkah pada 5 Bisnis Ini

Telegraphist
Telegraf dulu sangat dibutuhkan selama masa perang dan pekerjaan ini bergaji cukup tinggi. Telegrafis juga diperlukan untuk pengiriman lintas darat dan laut. Ketika bentuk-bentuk komunikasi berkembang, telegraf enjadi ketinggalan zaman. Namun penyampaian cepat informasi yang dihasilkan dari penemuan ini sangat mempengaruhi metode komunikasi manusia saat ini.

Pengirim pesan
Para pengirim pesan ini adalah pengendara sepeda motor dari Perang Dunia I dan Perang Dunia II yang menyampaikan pesan mendesak antara sesama militer. Transmisi radio masa perang tidak stabil dan rentan terhadap intersepsi pada saat itu, sehingga kurir pesan sepeda motor yang cepat dan andal lebih disukai.

Bowling pinsetter
Pinetters ini sering disebut sebagai pin boys karena biasanya anak laki-laki yang dipekerjakan, mereka akan nongkrong di ujung jalur bowling dan secara manual mengatur ulang pin. Ketika mesin pinetters otomatis mulai muncul di awal abad ke-20, pekerjaan ini menghilang.

Baca juga: 4 Bisnis Ini Sekarang Hilang Bagai Ditelan Bumi

Aktor radio
Drama radio adalah bentuk hiburan terkemuka antara 1920-an sampai 1950-an. Dengan format audio memaksa pendengar untuk mengandalkan musik, efek suara, dan dialog untuk membayangkan cerita yang disiarkan. Munculnya televisi mengakhiri drama radio dan karier para aktor radio, setidaknya di Amerika. Di beberapa bagian dunia mereka tetap populer seperti di Indonesia, dan munculnya podcast telah memicu minat baru dalam drama audio.

Alarm manusia (Knocker-up)
Selama Revolusi Industri, orang dibayar untuk membangunkan klien mereka. Cara kerjanya dengan mengetuk pintu dan jendela rumah klien dengan tongkat. Knocker-up sebagian besar ditemukan di Inggris dan Irlandia, tetapi ketika jam alarm lahir, pekerjaan itu hilang di tahun 1970-an.

Baca juga: Ini Persiapan bagi Pebisnis Menghadapi Gempa

Komputer manusia
Jauh sebelum laptop dan PC, orang dipekerjakan sebagai komputer. Pekerjaan ini sering dipegang oleh wanita yang bekerja dalam tim untuk mencari tahu perhitungan matematika yang panjang. Komputer manusia memecahkan masalah mulai dari astronomi hingga trigonometri.

Aircraft listener (pendengar pesawat)
Sebelum Perang Dunia II dan sebelum radar pesawat ditemukan, Inggris menggunakan pendengar pesawat. Pria di posisi ini akan menggunakan cermin beton untuk mendeteksi suara mesin pesawat musuh. Cermin ini mungkin efektif dalam mengambil suara, tetapi mereka sering gagal karena baru mendeteksi pesawat musuh terlalu dekat.

Switcboard operator
Pada tahun-tahun awal telepon lahir, operator harus menghubungkan penelepon satu sama lain melalui switchboard. Mesin ini memiliki sirkuit yang akan menyala ketika penerima telepon diangkat, dan operator switchboard kemudian secara fisik akan menghubungkan saluran sehingga orang dapat berbicara. Profesi ini mendadak musnah begitu teknologi telepon bisa melakukan panggilan dan menerima panggilan tanpa perantara. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply