Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 8, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Awas! Main Smartphone Lebih dari 5 Jam Sehari Bikin Gemuk!

Kamera smartphone. (Dok. Youtube tumbnail)

Topcareer.id – Coba mulai sekarang perhatikan berapa lama kamu mantengin smartphonemu. Yang kita tahu, berlama-lama di depan layar smartphone tak pernah baik untuk kesehatan. Studi baru menyebutkan, itu bisa bikin obesitas.

Mahasiswa universitas yang menggunakan smartphone mereka lima jam atau lebih dalam sehari memiliki 43% peningkatan risiko obesitas dan cenderung memiliki kebiasaan gaya hidup lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung, menurut studi dari American College of Cardiology.

“Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan smartphone memfasilitasi perilaku tidak aktif, dan mengurangi waktu aktivitas fisik, yang meningkatkan risiko kematian dini, diabetes, penyakit jantung, berbagai jenis kanker, ketidaknyamanan osteoarticular dan gejala muskuloskeletal,” kata Mirary Mantilla -Morrón, spesialis jantung paru dan rehabilitasi vaskular di Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Simón Bolívar di Barranquilla.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis 1060 siswa di Universitas Simón Bolívar. Laki-laki yang berpartisipasi 36,1% cenderung kelebihan berat badan dan 42,6% cenderung obesitas. Perempuan 63,9% cenderung kelebihan berat badan dan 57,4% cenderung obesitas.

Para peneliti menemukan risiko obesitas meningkat sebesar 43% jika smartphone digunakan lima jam atau lebih dalam sehari. Hal itu karena siswa yang berpartisipasi dua kali lebih mungkin banyak minum minuman manis, makanan cepat saji, dan camilan tidak sehat dan kurang melakukan aktivitas fisik.

Sementara, 26% dari subjek yang kelebihan berat badan dan 4,6% yang obesitas menghabiskan lebih dari lima jam menggunakan perangkat mereka.

“Hasil penelitian ini memungkinkan kami untuk menyoroti salah satu penyebab utama obesitas fisik, faktor risiko penyakit kardiovaskular,” kata Mantilla-Morrón dalam The Ladders.

Leave a Reply