Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, June 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Pilihan Jenis Wisata Sehat Buat Kamu

Ilustrasi. Sumber foto: Travel WyomingIlustrasi. Sumber foto: Travel Wyoming

Topcareer.id – Liburan identik dengan kata menyenangkan. Tapi sehat? Belum tentu.

Apalagi umumnya berbagai keluhan kesehatan dirasakan pascaliburan. Berat badan naik drastis, jerawat, sembelit, hingga jet lag menjadi keluhan gangguan kesehatan yang biasa dikeluhkan para pelancong seusai liburan.

Keluhan-keluhan ini sebenarnya tidak perlu terjadi andaikan kamu tak melulu berlibur ke pusat perbelanjaan, hanya berleyeh-leyeh, atau wisata kuliner di tempat liburan.

Di luar sana banyak kegiatan dan arena liburan yang tak hanya seru tetapi menyehatkan untuk kamu dan keluarga. Apa saja?

Baca juga: 7 Manfaat Travelling untuk Kesehatan Jiwa, Raga, dan Pikiran

1.Wisata adrenalin
Saat ini banyak arena wisata yang menyediakan fasilitas wisata adrenalin yang bisa dilakukan bersama keluarga. Menyusuri arus sungai dengan arung jeram, mencoba berbagai permainan outbound, menikmati permainan ekstrem di wahana permainan, atau mencoba berbagai bentuk papan seluncur di kolam renang bisa menjadi pilihan kegiatan seru bersama keluarga. Selain memacu adrenalin, menguji nyali, kegiatan-kegiatan itu memerlukan gerakan otot aktif yang baik sebagai alternatif kegiatan olahraga sambil bersenang-senang.

2.”Hiking” dan kemping
Hiking atau mendaki gunung dan kemping menjadi alternatif kegiatan buang penat dan mendekatkan diri pada alam. Menyehatkan, pasti. Ajak tubuh bergerak lebih banyak dengan mendaki gunung, lalu latih diri dan anak-anak hidup di alam dengan berkemah. Setelah berletih-letih mendaki, mendirikan tenda, memasak, semua rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan alam yang menakjubkan, ditambah kebersamaan dengan keluarga.

Baca juga: 3 Tempat Penting untuk Diketahui saat Traveling ke Luar Negeri

3. Aktivitas fisik di pegunungan
Okelah kamu atau keluarga tidak cukup siap melakoni kegiatan yang agak ekstrem seperti naik gunung dan kemping. Jangan sedih, masih ada alternatif seru dan menyehatkan yang bisa dilakukan di daerah pegunungan. Berlibur di vila di daerah pegunungan pun bisa menyehatkan. Lupakan leyeh-leyeh seharian di kasur empuk sambil menonton teve atau ngemil di tengah udara dingin. Bawalah peralatan olahraga ketika hendak berlibur ke pegunungan. Lakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, berenang, bermain bola, atau berjalan-jalan di perkebunan teh. Dijamin hati senang, tubuh pun sehat.

4. “Water sport”
Laut dan pantai menjadi lokasi yang cukup ideal untuk liburan menyehatkan. Di sana, kamu bisa memilih beragam aktivitas fisik seperti berenang, joging, memancing, bermain voli pantai, atau sekadar duduk menikmati pesona pemandangan laut. Bosan dengan kegiatan laut yang itu-itu saja? Jangan khawatir, saat ini banyak pantai yang menyediakan berbagai permainan dan fasilitas water sport. Sekali-kali cobalah banana boat, parasailing, jetski, seawalker, fly fish, snorkeling, atau tantang adrenalin dengan diving alias menyelam. Permainan-permainan ini bisa kamu temukan dengan mudah di kawasan pantai Tanjung Benoa di Bali. Dan meski tak selengkap Bali, kamu juga bisa menemukan arena water sport di lokasi yang lebih dekat dari ibu kota seperti Anyer.

5. Perawatan tubuh dan wajah
Kesehatan tak hanya meliputi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kesehatan kulit dan wajah pun perlu diperhatikan saat liburan. Apalagi berbagai aktivitas luar ruangan terutama daerah pantai pasti berpengaruh pada kondisi kulit. Selipkan kegiatan spa, massage, dan perawatan wajah di akhir liburan. Dengan begini, tubuh yang lelah dan kulit yang kusam karena aktivitas luar ruangan akan kembali segar. Anda pun bisa kembali ke aktivitas rutin tanpa keluhan pascaliburan.

6. Wisata medis
Well, di beberapa negara, wisata dan kesehatan sudah terintegrasi. kamu bisa merencanakan liburan sambil melakukan check up ataupun perawatan medis. Beberapa layanan tour and travel menyediakan paket wisata medis. Negeri seperti Korea atau China menyediakan paket itu. Kamu bisa menikmati perjalanan ke tempat wisata sambil melakukan perawatan medis. Selain program tur yang terintegrasi dengan perawatan medis, kamu akan mendapatkan treatment dengan alat-alat medis berteknologi tinggi. Tidak hanya untuk perawatan penyakit, kamu tentu familier dengan kedahsyatan bedah plastik ala Korea. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply