- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, February 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Hubungan Otak dengan Jumlah Teman Kamu

Dok. SocialToaster

Topcareer.id – Apa kamu tergolong pribadi yang punya banyak teman dan pergaulan luas? Siapa sangka, ukuran otak dapat dipengaruhi oleh faktor jumlah teman dalam kehidupan Anda.

Semakin banyak teman yang kamu miliki, maka semain besar pula wilayah-wilayah tertentu yang terdapat dalam otak kamu.

Inilah yang dinyatakan oleh para peneliti dari University of Oxford seperti dilaporkan Huffington Post beberapa waktu lalu.

Mereka menyatakan bahwa orang yang memiliki jaringan sosial yang luas, memiliki daerah lebih luas pula pada beberapa wilayah dalam otak.

Baca juga: Ini Bagian Otak yang Fungsinya Mengambil Keputusan Hidup

Hal ini juga dapat mengindikasikan peningkatan konektifitas antar wilayah otak. Bagian yang dimaksud meliputi korteks anterior cingulate dan korteks dorsolateral prefrontal.

Untuk studi ini, para peneliti melakukan scan otak terhadap 18 orang. Mereka juga ditanyakan berapa jumlah orang yang telah berinterkasi dalam jangka waktu sebulan terkahir.

Baca juga: Cara Simple Agar Kondisi Otak Selalu Prima

Dengan ini berhasil ditemukan sebuah kaitan antara ukuran daerah otak, konektivitas wilayah otak serta ukuran jejaring sosial yang dimiliki.

Namun perlu digarisbawahi bahwa penelitian ini hanya mengungkapkan sejauh ini. Tidak dijelaskan mengenai kepastian memiliki koneksi sosial tinggi berpengaruh langsung terhadap otak secara langsung atau tidak.

Yang jelas, ketiga hal ini sangat berpengaruh dan terkait satu sama lainnya dan dapat melihat intensitas pergaulan manusia dan dampaknya terkait dengan otak. *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply