Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 15, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kesalahan yang Bikin CV Tampak dari Zaman Old (Bagian 1)

Dok. Job Fits Sydney

Topcareer.id – Kapan terakhir kali kamu memeriksa ulang resume atau CV-mu? Sebagai pemburu kerja yang lebih tua dan lebih berpengalaman, tidak cukup hanya mengubah beberapa tanggal dan deskripsi ketika kamu akan mulai mencari posisi baru.

Gaya dan desain resume yang jadul dapat membuatmu terlihat seperti manusia prasejarah untuk sekarang. Untuk memastikan CV yang kamu kirim tidak terlihat dari zaman old, jangan buat delapan kesalahan ini di resume atau CV-mu.

Kesalahan No. 1: Formatnya membosankan

“Sebuah resume kuno, hitam-putih tidak akan cukup,” kata Louise Kursmark, penulis resume eksekutif dan penulis bersama Modernize Your Resume, dalam The Ladders.

Christopher Ward, salah satu pendiri Myer Resumes, setuju bahwa masyarakat saat ini menjadi lebih visual. Untuk memberikan resume tampilan modern, tambahkan percikan warna ke judul atau memasukkan logo pribadi yang berwarna-warni.

Daripada menggunakan Times New Roman, pilih font kontemporer seperti Calibri, Cambria, Palatino, atau Verdana — yang semuanya merupakan tipografi standar, jadi mereka akan menerjemahkan dengan baik di antara sistem operasi.

Baca juga: Sisi Negatif dari Berburu Pekerjaan di Job Fair

Kesalahan No. 2: Membuat daftar setiap pekerjaan yang pernah kamu jalani

“Menceritakan pengalaman yang tidak berhubungan dari masa lalu yang jauh adalah cara jelas untuk membuat resume-mu terlihat kuno. Tidak ada hukum resume yang mengatakan kamu harus memasukkan setiap pekerjaan yang pernah kamu jalani,” kata Scott Vedder, seorang perekrut Fortune 100 dan penulis buku Signs of a Great Resume.

Sebagai pedoman umum, soroti pekerjaan dari 10 hingga 15 tahun terakhir. Lewati pekerjaan di tempat makanan cepat saji saat di perguruan tinggi. Tapi itu bisa ditambahkan untuk aplikasi peran SDM di outlet makanan dan minuman.

Baca juga: Cara Mengatasi Kritik Negatif Di Kantor

Kesalahan No. 3: Menyombongkan keterampilan yang ketinggalan jaman

Perusahaan mencari profesional yang selalu update soal keterampilan mereka. “Menyatakan kamu mahir dalam perangkat lunak atau program yang tidak lagi umum digunakan mungkin tidak relevan di pasar saat ini,” kata Vedder.

Hal yang sama berlaku untuk soft skill, seperti “kepemimpinan” atau “pemecah masalah.” Jangan cantumkan keterampilan software yang jelas-jelas harus dimiliki, seperti Microsoft Word.

Gunakan bagian keterampilan dari resume untuk menyoroti keahlian yang menunjukkan bahwa kamu update dengan tren industri. Jadi, misalnya, jika kamu dalam penjualan, kamu perlu menyertakan Salesforce atau perangkat lunak terbaru lainnya.

Kesalahan No. 4: Alamat email tahun 1990-an

“Sangat konyol berpikir aol.com di bagian atas resume sebagai sesuatu yang tak merugikan. Itu akan membuatmu tersingkir, tanpa pertimbangan lebih lanjut, tetapi ada kemungkinan hal itu mungkin terjadi,” kata Dawn Bugni, seorang penulis resume profesional di Atkinson.

Daripada menggunakan hotmail atau alamat AOL dari tahun 90-an, coba tingkatkan ke akun Gmail. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan