- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, February 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Target Perusahaan Tercapai? Terapkan SMART Goals

Topcareer.id – Setiap perusahaan tentu punya visi, misi, serta tujuan yang ingin dicapai. Pun juga perusahaan punya target jangka pendek dan jangka panjang yang harus diraih. Salah satu cara pintar menetapkan tujuan perusahaan dengan menerapkan SMART goals.

SMART goals merupakan kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timed-Based yang diterjemahkan menjadi spesifik, terukur, bisa diraih, relevan serta punya target waktu.

Dilansir dari Notejoy.com, untuk mencapai SMART goals, tujuan itu harus memenuhi kelima kriteria ini. Berikut panduan untuk menjalankan SMART goals di perusahaan.

Baca juga: Tak Punya Hobi? Jangan Melamar di Perusahaan Ini

Pastikan semua orang berada pada tujuan yang sama
Jika tim tidak memiliki pemahaman bersama tentang apa SMART goals, ini tidak akan berjalan lancar. Lakukan pelatihan, meeting, kirim email, atau apa pun yang diperlukan agar semua orang memahami semua kriteria untuk SMART goals.

Beri contoh, buat sasaran, lalu bagikan dan publikasikan
Membuat sasaran organisasi dan mempublikasikannya adalah alat yang ampuh untuk mendorong penyelarasan dalam proses penetapan tujuan bisnis. Dengan ini, karyawan memiliki pemahaman yang lebih kuat tentang bagaimana mencocokkan dirinya untuk menjalani prosesnya.

Buat jadwal untuk menjaga semua orang tetap di jalurnya
Agar seluruh tim dapat menggunakan Smart goals secara efektif, penting untuk memiliki sistem yang mendorong feedback teratur pada tujuan. Pemimpin sebaiknya rajin sharing rencana dengan kalender acara yang menentukan kapan tujuan akan ditinjau, difinalisasi, disesuaikan, dan akhirnya dievaluasi.

Baca juga: Ini Rahasia Perusahaan yang Harus Kamu Jaga

Jelaskan dengan jelas seperti apa kesuksesan itu
Dengan menetapkan ekspektasi yang jelas tentang seperti apa bentuk Kesuksesan dalam organisasi, para pemimpin dapat secara aktif mendorong orang untuk meraih tujuan yang ambisius.

Kumpulkan feedback dan optimalkan proses penetapan tujuan
Setiap organisasi sedikit berbeda, baik dalam kebiasaan kerja maupun budaya. Karena itu, cara proses penetapan tujuan ditetapkan dan dijalankan bisa sangat berbeda. Libatkan seluruh anggota tim dalam proses dengan menjalankan survei internal.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply