- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, February 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Taklukan Wawancara Dalam 5 Menit! Begini Caranya

IlustrasiIlustrasi

Topcareer.id – Lolos dalam wawancara kerja memang tidak mudah. Banyak faktor yang nantinya berdampak pada keputusan apakah pelamar tersebut pantas untuk direkrut atau tidak.

Dikutip dari Job-hunt.org, Selasa (28/1/2020), hanya dalam 5 menit pertama saja, pewawancara sudah dapat menarik kesimpulan mengenai pelamar tersebut. Psikolog menyebutnya efek halo, penilaian yang didasari pengamatan atau interaksi awal.

Itulah mengapa sangat penting untuk memberi kesan pertama yang baik. Berikut beberapa tips untuk membantu kamu melewati lima menit pertama wawancara dengan sukses.

Tampilan fisik
Tak bisa dipungkiri, penampilan fisik adalah hal pertama yang akan diperhatikan pewawancara, jadi pastikan kamu berpakaian bagus, rapi, dan sesuai dengan budaya perusahaan.

Kalau kamu bingung menentukan pakaian yang kamu pakai, cobalah mencari kemeja warna gelap untuk dipakai. Jangan lupa hindari memakai parfum atau cologne untuk wawancara. Tidak ada yang lebih buruk dari aroma yang terlalu kuat di lingkungan kantor.

Baca juga: Alasan Pewawancara Melupakan Kamu Usai Interview Kerja

Jabat tangan
Jabat tangan memang baik, tapi hal itu juga ternyata memiliki banyak arti lho.

Berjabat tangan dengan tangan yang lemas menandakan kamu kurang percaya diri. Di sisi lain, jika berjabat dengan terlalu kuat, bisa jadi kamu akan terkesan sombong. Jadi sebelum wawancara, coba latihan berjabat tangan yang benar dulu, ya.

Saat berjabat tangan, pastikan juga untuk tersenyum sambil melakukan kontak mata. Itu akan membuat kamu dan pewawancara merasa nyaman.

Sikap
Setelah berjabat tangan, pastikan kamu mengucap terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk wawancara kerja. Saat pewawancara duduk, jangan langsung mengikutinya. Tunggulah beberapa detik sampai kamu dipersilahkan untuk duduk juga.

Alami
Berlatih berbicara sebelum wawancara bukanlah langkah yang salah, tapi kalau kamu terlalu menghafal, itu justru memberikan kesan yang kurang baik bagi pewawancara.

Jadi saat menjawab pertanyaan, bersikaplah terbuka, jujur, positif, dan alami. Dengan begitu pewawancara dapat mengetahui kepribadian kamu yang sesungguhnya.

Baca juga: Jangan Ajukan Pertanyaan Ini saat Wawancara Kerja!

Kenali diri sendiri
Pertanyaan pertama yang sering ditanyakan pewawancara adalah, “Ceritakan tentang diri Kamu.” Di sinilah kamu harus pandai mengenali dan mempromosikan diri kamu dengan singkat.

Jika kamu tidak mengenali potensi dan kekurangan pada diri kamu, sudah dipastikan kamu akan menjawab pertanyaan itu dengan ragu-ragu dan terbata-bata. Hal itu akan membuat kamu terlihat tidak memiliki keterampilan komunikasi yang kritis.

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply