Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mau Rapat Efektif? Contek Cara Jeff Bezos Ini

Dok. Forbes

Topcareer.id – Rapat jadi bagian dari rutinitas kehidupan kantor. Meski fungsi rapat penting, namun rapat bisa menjadi menjemukan atau malah tak efektif.

Jika itu terjadi pada rapat-rapat di kantormu, CEO Amazon, Jeff Bezos mempunyai cara khusus agar rapat berjalan efektif dan menghasilkan sesuatu yang baik. Bahkan hingga saat kini, cara ini masih menjadi budaya di kantor Amazon, lho.

Dikutip dari Inc.com Selasa (28/1/2020) berikut 3 cara rapat ala Jeff Bezos yang hingga kini masih dipraktikkan di kantor Amazon.

Jeff Bezos, bos Amazon. (dok. Business Insider)

Baca juga: Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Rapat untuk Menarik Perhatian Bos

Tim Dua Pizza
Menurut Jeff Bezos semakin sedikit orang yang telibat akan semakin baik. Ia menyebutnya aturan “Two pizza teams”.

Menurutnya hal ini dilakukan lantaran jika terlalu banyak orang yang terlibat maka akan semakin banyak opini sehingga sulit untuk mencapai kesimpulan dan membuat keputusan. Apalagi jika orang yang terlibat itu egois dan mau menang sendiri, sudah dipastikan rapat tersebut akan berlangsung alot dan lama.

Dengan aturan ini, kamu akan mendapat keseimbangan untuk mendapatkan beragam ide dari beberapa sudut pandang yang luar biasa.

Baca juga: Ingin Karier Selamat? Ini Yang Tak Boleh Kamu Lakukan Saat Rapat

Katakan tidak pada PowerPoint
Jeff mengaku jika di perusahaan Amazon, tidak pernah ada rapat yang menggunakan powerpoint. Menurutnya akan lebih efektif bila peserta menuliskan bahan rapat dalam sebuah memo secara naratif.

Memo yang telah dipersiapkan itu kemudian dibagikan kepada peserta rapat untuk mendapat koreksi dan evaluasi. Mereka juga dapat membawa memo tersebut pulang sehingga jika ada ide segar yang tiba-tiba muncul, mereka bisa langsung menulis dan memperbaikinya.

Jeff merasa hal ini akan membuat peserta yang terlibat lebih mudah memahami topik dan permasalahan dalam rapat tersebut.

Baca juga: Manajer Harus Adil Bagi Beban Kerja, Begini Caranya

Mulailah dengan keheningan
Sebelum memulai rapat, jeff dan peserta rapat biasanya membaca memo untuk beberapa waktu sehingga akan timbul keheningan yang membuat mereka lebih fokus.

“Ini seperti ruang belajar. Semua orang duduk di sekitar meja, dan kita membaca dengan tenang, biasanya sekitar setengah jam kita membacanya, kemudian kita membahasnya.”ungkapnya.

Hal ini dianggap lebih efektif karena perhatian peserta tidak terbagi dengan yang lainnya sehingga menghasilkan hasil rapat yang luar biasa.

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply