- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, February 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Resign

Ilustrasi. Sumber foto: energyresourcing.comIlustrasi. Sumber foto: energyresourcing.com

Topcareer.id – Memilih untuk resign dari sebuah pekerjaan bukanlah perkara mudah. Kamu harus memikirkan matang-matang baik dan buruknya ketika ingin melangkah keluar dari perusahaan tersebut.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar kepergian kamu meninggalkan kesan yang baik dan positif baik bagi rekan kerja maupun perusahaan.

Berikut langkah yang perlu dilakukan.

Cek aturan resign
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek aturan perusahaan mengenai pengunduran diri dengan keinginan sendiri. Mulai dari berapa lama waktu pengajuan surat pengunduran diri, hingga keuntungan ataupun kerugian apa saja yang akan kamu dapat dari pengunduran diri tersebut.

Baca juga: 50 Persen Milenial Resign karena Kesehatan Mental

Beritahu HRD, atasan dan rekan kerja
Jika kamu sudah membaca baik-baik aturan perusahaan, langkah kedua adalah memberitahukan alasan resign kepada HRD, atasan dan rekan kerja.

Selain untuk mengklarifikasi alasan kamu meninggalkkan perusahaan, hal ini juga bertujuan agar perusahaan dapat mengambil keputusan apakah mereka harus mencari orang baru untuk menggantikan kamu atau tidak.

Selesaikan dan informasikan urusan yang menyangkut pekerjaan
Nah, ketika kamu sudah mendapat persetujuan untuk resign, kamu tidak boleh asal langsung pergi. Hal itu akan membuat kamu terlihat tidak bertanggung jawab.

Pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Jika ada pekerjaan yang belum terselesaikan, beritahu atasan dan juga rekan kerja.

Beritahu juga semua progress pekerjaan yang kamu buat, dan berikan catatan mengenai hal-hal penting yang terkait dengan pekerjaan kamu. Dengan begitu, rekan kerja yang menggantikan kamu dapat beradaptasi dengan mudah.

Minta surat referensi atau paklaring
Surat referensi atau paklaring umumnya berguna untuk meyakinkan perusahaan baru kamu bahwa kamu pernah bekerja pada perusahaan yang sebelumnya.

Surat ini juga menjadi salah satu syarat untuk mencairkan BPJamsostek kamu lho. Jadi akan lebih baik jika diurus sebelum kamu meninggalkan perusahaan.

Baca juga: 7 Kenikmatan Freelance yang Bikin Kamu ingin Resign

Buat acara perpisahan
Hal terakhir yang bisa kamu lakukan sebelum meninggalkan kantor adalah membuat acara perpisahan. Meski sederhana, hal ini bisa sangat berkesan.

Acara perpisahan juga merupakan simbol rasa terimakasih kamu kepada atasan ataupun rekan kerja yang selama ini bekerja sama dengan kamu.

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply