Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yuk, Rombak Media Sosial untuk Personal Branding!

Sumber foto: Lyketil

Topcareer.id – Beberapa tahun terakhir, tepatnya di era digital, media sosial punya peranan penting di setiap lini kehidupan, bahkan hingga mampu mempengaruhi pengembangan karier. Semua itu akan berjalan maksimal jika dibarengi strategi media sosial yang jelas, yakni lewat personal branding.

“Saya menyarankan klien saya untuk memperbarui (mengganti) profil media sosial mereka sesering mengganti baterai di jam alarm, atau setiap enam bulan. Dengan cara itu, kamu yakin bahwa orang tidak akan mengabaikanmu atau menganggap kontenmu tak lagi relevan,” kata Bruce Mendelsohn, konsultasi pemasaran dan komunikasi digital dalam The Ladders.

Terkait hal ini, Mendelsohn membagikan 6 tips makeover media sosial untuk memastikan postinganmu bukan hanya relevan, tetapi juga bisa membantumu membangun personal branding.

1. Pastikan konsistensi di semua platform

Apakah semua platform medsosmu menyampaikan pesan yang sama tentang siapa dirimu, tentang apa yang kamu kerjakan dan apa yang kamu tawarkan? Jika salah satu akun yang tak pernah disentuh, pertimbangkan untuk di-private saja agar tidak membawa kesan buruk bagi calon bos atau klien.

2. Ubah foto profil

Mendelsohn menyarankan untuk melakukan ini setidaknya setiap dua tahun. Dan saat kamu melakukannya, pastikan fotomu sesuai untuk platform. “Itu artinya perlu totalitas dalam membuat headshot baru yang keren untuk LinkedIn setiap saat,” kata dia.

3. Info kontak yang diperbarui

Sering-sering cek untuk memastikan bahwa alamat email, nomor telepon, dan URL kamu semua adalah yang terbaru. Jika seseorang mengklik, mereka sampai di tempat yang tepat.

4. Merevisi narasi ajakan untuk bertindak

Ini dapat mencakup apa saja, seperti mengundang orang untuk terhubung denganmu, mengingatkan mereka apa misimu, atau membantu mereka memahami mengapa kamu pantas untuk diketahui. Mendelsohn mengatakan jika kamu tidak memilikinya, maka lakukanlah. “Itu bisa sesederhana ‘Ikuti saya di Twitter/Instagram/Facebook,’ jika kamu mencari pengikut baru.”

5. Audit setiap komentar, pertanyaan

Yang ini penting. Jika kamu melihat bahwa dirimu atau brandmu menjadi subjek obrolan yang tidak diinginkan secara online, temukan cara untuk memoles diri dan produkmu. Mengabaikan masalah tidak membuatnya hilang.

6. Menyelam lebih dalam

Mendelsohn mengatakan bahwa kamu harus berada di Google sendiri sampai tujuh halaman. Kliennya selalu terkejut dengan apa yang mereka temukan tentang diri mereka sendiri.

…………atau sepenuhnya memilih keluar

Banyak orang yang kehabisan energi di media sosial sehingga mereka mengambil langkah besar untuk menghapus akun. Ini mungkin tidak akan terjadi jika kamu secara teratur terhubung dengan orang lain, menemukan sumber atau klien potensial, atau bahkan menggunakan media sosial untuk mempromosikan diri dan pekerjaanmu.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply