Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Januari 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bisa Kuras Otak, Jangan Lakukan Ini Saat Jam Istirahat Kantor

Topcareer.id – Apa yang biasa dilakukan pekerja saat jam istirahat tiba? Makan siang, bergosip, atau berselancar di internet dan sosial media. Tapi, jika sedang mengerjakan tugas secara mental, jangan habiskan waktu istirahat dengan ponsel.

Menurut sebuah studi baru oleh para peneliti di Rutgers University, aktivitas ini bisa menguras otak dan tidak memungkinkan untuk mengisi ulang energi, yang dapat mengakibatkan kinerja lebih buruk ketika kembali bekerja.

Para siswa yang mengambil istirahat untuk ponsel mereka mengalami tingkat penurunan mental tertinggi dan yang paling tidak mampu memecahkan teka-teki kata sesudahnya. Kemampuan dan kecepatan yang mereka tampilkan sebanding dengan mereka yang tidak mengambil istirahat.

Baca juga: Awas! Main Smartphone Lebih dari 5 Jam Sehari Bikin Gemuk!

Orang-orang menggunakan waktu istirahat bersama ponsel mereka, membutuhkan waktu 19% lebih lama untuk melakukan sisa tugas dan memecahkan masalah 22% lebih sedikit daripada mereka yang mengambil jenis istirahat lainnya.

“Kegiatan bermain ponsel di sela-sela mengerjakan tugas, atau tugas tengah, menjadi lebih umum,” kata Terri Kurtzberg, rekan penulis studi yang juga profesor manajemen dan bisnis global di Rutgers Business School, dalam rilisnya.

“Kami menganggap itu tidak berbeda dari istirahat lain, tetapi ponsel banyak membawa tingkat gangguan yang membuatnya sulit untuk mengembalikan fokus kembali pada tugas-tugas pekerjaan.”*(rw)

Tinggalkan Balasan