Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Raih Tidur Efektif lewat 8 Kebiasaan Ini

Ilustrasi. (dok. Medium)

Topcareer.id – Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada tidur malam yang buruk. Jika itu terjadi, hari berikutnya kemungkinan akan diisi dengan kafein dan emosi yang mudah terpancing.

Melansir realbuzz.com, Rabu (29/01/2020), tidur yang efektif merupakan jenis tidur yang langka. Dibutuhkan konsentrasi dan kemampuan untuk tenang.

Tapi, tak usah khawatir, coba tanamkan kebiasaan ini. Tidur efektif pun bisa jadi milikmu.

Proaktif
Untuk tidur dengan efektif, dibutuhkan komitmen, rutinitas dan praktik kebersihan tidur yang baik. Investasikan kasur yang mendukung, bersihkan kamar tidur, hindari gangguan, dan tidurlah pada jam yang wajar. Lakukan secara proaktif.

Pertahankan irama yang efektif
Orang yang tidur efektif menguasai ritme sirkadian mereka. Jumlah tidur optimal orang dewasa 7-9 jam. Kebiasaan ini sulit, tetapi kamu akan melihat peningkatan efektivitas dengan mengadopsi pola tidur yang teratur.

Tidak menggunakan smartphone sebelum tidur
Cahaya biru tiruan yang berasal dari ponsel akan merusak pola tidur atau bangun kamu. Ini menipu otak untuk berpikir bahwa sudah pagi, dan mengganggu produksi melatonin. Simpan jauh-jauh smartphone saat kamu berangkat tidur.

Baca juga: Tidur Nyenyak Mampu Kurangi Risiko Kecemasan

Makan dengan benar
Jika memungkinkan, hindari makanan yang tinggi lemak dan kaya gula. Ganti dengan roti atau biskuit, dan batasi maksimal sejam sebelum tidur. Teh camomile, madu, almond, dan buah kiwi juga bisa membantu tidur nyenyak.

Rajin membaca
Orang yang tidurnya efektif biasanya suka membaca buku sebelum tidur. Hanya butuh 6 menit membaca untuk mengurangi denyut jantung. Ini akan membantumu lebih rileks.

Menghargai sinar matahari
Mengunci diri selama 8 jam sehari di kantor tanpa cahaya juga dapat memengaruhi kualitas tidur. Karyawan yang terpapar cahaya alami lebih sering tidur nyenyak.

Teknik pernapasan
Teknik pernapasan sederhana dapat membantumu rileks. Lakukan kebiasaan teknik pernapasan 4-7-8, di mana kamu menghirup udara 4 detik, tahan 7 detik, lalu buang napas selama 8 detik. Ulangi 3 kali untuk mencapai ketenangan tidur.

Mencari bantuan medis
Jika masih kesulitan tidur, cari bantuan medis. Jika menderita sakit kepala yang berkepanjangan dan menyebabkan kurang tidur, bicarakan dengan ahli medis untuk menyelesaikan masalah ini.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply