Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 8, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

EQ Penting untuk Menunjang Karier. Ini Cara Meningkatkan EQ

emotional-e3Ilustrasi. (dok. BBVA)

Topcareer.id – Kecerdasan emosional atau EQ (emotional quotient) terus menjadi keterampilan yang semakin populer di dunia profesional. Mengapa kecerdasan emosional terus meningkat dalam dunia kerja yang terus berkembang?

Kecerdasan emosional bukanlah tren. Perusahaan-perusahaan besar telah mengumpulkan bukti statistik bahwa karyawan dengan kecerdasan emosional tidak diragukan turut memengaruhi laba.

Dikutip dari inc.com, Jumat (31/01/2020), di tempat kerja yang kompetitif, mengembangkan keterampilan EQ sangat penting untuk kesuksesan. Berikut ini cara untuk meningkatkan EQ.

Baca juga: Penelitian: Pekerja Pria Lebih Emosional dari Wanita

Memanfaatkan gaya komunikasi yang asertif
Komunikasi yang asertif bertujuan untuk mendapatkan rasa hormat tanpa terlihat terlalu agresif atau terlalu pasif. Kamu harus tahu cara mengomunikasikan pendapat dan kebutuhan secara langsung sambil tetap menghormati orang lain.

Menanggapi tanpa bereaksi terhadap konflik
Latih diri untuk tetap tenang selama situasi yang penuh tekanan. jangan bereaksi dengan membuat keputusan impulsif yang dapat menyebabkan masalah lebih besar. Pahami bahwa konflik tujuannya adalah resolusi.

Aktif mendengarkan
Orang yang cerdas secara emosional mendengarkan kejelasan dengan seksama, bukan menunggu giliran untuk berbicara. Pastikan memahami apa yang dikatakan sebelum merespons.

Termotivasi
Miliki motivasi diri dan biasakan memotivasi orang lain. Biasakan untuk menetapkan tujuan dan tangguh dalam menghadapi tantangan.

Mempertahankan sikap positif
Kamu harus memiliki kesadaran akan suasana hati orang-orang di sekitar dan menjaga sikapmu. Kamu harus tahu apa yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan hari yang baik dan pandangan yang optimis.

Berlatih kesadaran diri
Sadar diri dan intuitif. Sadari bagaimana emosimu dan bagaimana itu dapat mempengaruhi orang-orang di sekitarmu. Pahami juga emosi dan bahasa tubuh orang lain.

Terima kritik dengan baik
Bagian penting dari meningkatkan kecerdasan emosional adalah bisa menerima kritik. Daripada tersinggung, ambil beberapa saat untuk memahami dari mana kritik itu berasal dan bagaimana itu secara konstruktif bisa menyelesaikan masalah.

Baca juga: Yuk, Coba Obati Fisik dan Emosi dengan EFT Tapping

Berempati
Empati adalah sifat yang menunjukkan kekuatan emosional, bukan kelemahan. Ini membuka pintu untuk saling menghormati dan memahami antara orang-orang dengan pendapat dan situasi yang berbeda.

Miliki ketrampilan kepemimpinan
Orang yang cerdas secara emosional memiliki keterampilan kepemimpinan yang sangat baik. Mereka memiliki standar tinggi untuk diri mereka sendiri dan memberikan contoh bagi orang lain untuk diikuti.

Supel dan mudah bergaul
Murah senyum dan berikan kehadiran yang positif. Miliki keterampilan interpersonal yang baik dan tahu bagaimana berkomunikasi dengan jelas. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan