Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Januari 21, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Langkah Penting sebelum Pensiun

Ilustrasi. Sumber foto: moneysense.caIlustrasi. Sumber foto: moneysense.ca

Topcareer.id – Pensiun bisa dilakukan di usia berapapun, Namun, sebelum memutuskan untuk penisun, persiapkan semuanya dengan baik.

Terkadang orang malas untuk memikirkan dan mempersiapkan apapun sebelum pensiun, sehingga masa pensiun mereka jadi tidak menyenangkan.

Karena itu, melansir money.usnews.com, Jumat (31/01/2020), Ingatlah untuk mengurus hal-hal ini sebelum pensiun.

Renovasi rumah
Banyak orang yang tidak sadar bahwa biaya renovasi rumah tidaklah sedikit, sehingga mereka enggan memikirkannya sebelum pensiun. Jangan lupa untuk memberikan perhatian pada rumah tinggal sebelum pensiun agar kamu bisa beristirahat tanpa terganggu renovasi rumah.

Buat Anggaran Realistis
Baik pensiunan pegawai negeri maupun swasta, sangatlah penting untuk membuat anggaran berdasarkan pendapatan dan pengeluaran yang realistis, supaya bisa terus memenuhi kebutuhan hidup pasca-pensiun dengan baik.

Lunasi hutang
Melunasi hutang bisa membuatmu memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan pada saat pensiun. Jika mungkin, lunasi semua hutang sebelum pensiun dan jangan membuat yang baru.

Pertimbangkan bagaimana menghabiskan waktu
Pikirkan tentang apa yang akan kamu lakukan pada hari-hari dan minggu-minggu setelah meninggalkan pekerjaan. Akan lebih baik jika kamu bisa mengembangkan keahlian sebelum kamu pensiun.

Dengan begini, kamu bisa menghasilkan pendapatan tambahan di masa pensiun, yang berarti lebih sedikit kebutuhan untuk menghabiskan uang pensiun kamu.

Evaluasi kebutuhan perawatan kesehatan dan asuransi
Persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengurus asuransi seperti jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan, agar setelah pensiun kamu tidak terlalu repot menghadapinya.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan asuransi yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan kamu dan keluarga di masa pensiun. Coba diskusikan pilihan dengan seorang ahli yang bisa membantu kamu menavigasi masalah agar bisa membuat pilihan yang tepat.

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan