Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Agustus 4, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Norwegia, Negara Dengan Fenomena Midnight Sun

Sumber foto: fjordtravel.no

Topcareer.id – Midnight sun merupakan fenomena unik yang terlihat selama musim panas di bagian selatan Lingkaran Antartika, atau semua wilayah di sisi utara Lingkaran Arktik.

Biasanya, matahari mencapai puncaknya di musim panas setiap tahun. Selama bulan-bulan khusus ini, semua daerah di sekitar sisi utara lingkaran arktik, termasuk Norwegia akan terpapar sinar matahari hingga 24 jam.

Meskipun ada beberapa negara di Lingkaran Arktik yang mengalami midnight sun, Norwegia merupakan satu-satunya yang dikenal sebagai Negeri Midnight Sun. Mereka yang tinggal di bagian utara Norwegia mengalami midnight sun sepanjang musim panas selama hampir dua bulan di setiap tahunnya.

Seperti dikutip dari worldatlas.com, Rabu (05/02/2020), Midnight sun terlihat dari sekitar 55 mil di luar Lingkaran Arktik. Visibilitas dan intensitas midnight sun bervariasi dari satu tempat ke tempat lain.

Beberapa negara yang juga mengalami fenomena midnight sun adalah Alaska, Rusia, Denmark, Swedia, Finlandia, Islandia, dan berbagai wilayah termasuk Nunavut, Northwest, dan Yukon Kanada.

Baca juga: Oymyakon, Desa Terdingin di Planet Bumi

Lalu, mengapa hanya Norwegia yang dikenal sebagai negeri midnight sun?

Di Norwegia, matahari tidak pernah terbenam sepenuhnya di bawah cakrawala di berbagai kota termasuk kota Tromso dari akhir Mei hingga Juli.

Lingkaran Arktik memotong Norwegia di Saltfjellet dan memisahkan Helgeland dari sisi utara county Nordland, oleh karena itu separuh wilayah berada di bagian utara Lingkaran Arktik.

Ukuran total wilayah di Lingkaran Arktik adalah sekitar 37.000 mil persegi. Dengan populasi lebih dari 393.000 orang, ini adalah wilayah Arktik terpadat di dunia.

Saat musim panas, daerah-daerah yang terletak di sisi utara Lingkaran Arktik memiliki sinar matahari abadi. Daerah-daerah ini mengalami lebih dari 20 jam matahari selama dua bulan ini. Sementara itu, saat musim dingin, daerah-daerah ini mengalami periode kegelapan yang panjang.

Di kepulauan Svalbard, midnight sun dimulai pada tanggal 20 April dan berakhir pada 22 Agustus. Sementara itu di tanjung Nordkinn, midnight sun akan terlihat dari 14 Mei hingga 29 Juli.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan