Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ribuan Orang Mengungsi dari Banjir di New Zealand

Kondisi banjir di New Zealand awal Februari 2020. (dok. NZ Herald)

Topcareer.id – Banjir hebat telah memaksa ribuan penduduk di South Island, New Zealand mengungsi dari rumah mereka pada Rabu (05/02/2020) lalu. Banjir juga membuat ratusan turis terdampar di Milford Sound yang terpencil.

Wilayah Southland dinyatakan keadaan darurat setelah dilanda banjir akibat curah hujan lebih dari 1.000 milimeter (39 inci) dalam 60 jam, dan ini memicu terjadinya tanah longsor di jalan besar dan menyebabkan air sungai meluap.

Pihak berwenang mengatakan kepada penduduk di daerah dataran rendah Gore dan Mataura untuk segera mengungsi ketika banjir di sungai Mataura memuncak. Mereka memperingatkan orang jauh dari hilir di Wyndham untuk bersiap-siap pergi.

Baca juga: Kebakaran di Australia, Malindo Air Tawarkan Perubahan Jadwal

Emergency Management Southland (EMS) telah mengeluarkan pemberitahuan untuk mengungsi pada 6.000 warga di seluruh wilayah. Penduduk disarankan untuk mengambil obat-obatan, pakaian dan dokumen penting dan segera pergi ke tempat yang lebih tinggi.

Aktivitas untuk daerah yang terkena dampak terputus ketika pusat pencegahan dan evakuasi didirikan di gereja-gereja dan sekolah-sekolah setempat.

Air banjir menyapu sebagian jalan satu-satunya menuju Milford Sound, tempat pendakian yang populer bagi wisatawan internasional, dan EMS mengatakan hampir 200 orang diterbangkan ke Te Anau di dekatnya.

Menurut EMS para turis telah diselamatkan dan dilayani dengan baik. Hanya dua warga luka ringan dilaporkan setelah tanah longsor menabrak gubuk di jalur Routeburn dan kedua orang tersebut menerima perawatan segera di tempat kejadian. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply