- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Tuesday, February 18, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Rahasia Sukses Bong Joon-ho, Sutradara Parasite, Pemenang Oscar

Boon Joon-ho. (dok. GQ)

Topcareer.id – Sutradara Korea Selatan Bong Joon-ho sukses membawa pulang 4 Oscar untuk karyanya “Parasite” di ajang Academy Awards tahun 2020. Filmnya meraih gelar film terbaik, sutradara, skenario asli dan film internasional. Ia mengaku formula kesuksesannya cukup sederhana.

Menurut sebuah wawancara dengan The Telegraph, rahasia kreatifnya adalah memimpin gaya hidup yang sangat sederhana, yakni minum kopi, menulis, dan tidak bertemu banyak orang.

Bong, yang belajar sosiologi dan mulai membuat film di perguruan tinggi. Jauh sebelum kemenangan puncaknya di ajang Oscar, Bong belajar pentingnya tetap fokus pada pekerjaannya dan setia pada visi kreatifnya, bahkan di bawah tekanan dari tokoh-tokoh kuat lain di bidangnya.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2020

Lewat karya terbarunya Parasite, Bong telah menunjukkan bahwa memercayai naluri kreatifnya terbayar. Film ini menjadi yang pertama bagi sutradara dengan penghasilan kotor lebih dari USD100 juta di seluruh dunia, dan itu membuatnya mendapatkan penghargaan dari Oscar, BAFTA atau Oscar-nya Inggris, penghargaan Golden Globe, Festival Film Cannes dan banyak lagi.

Selama pidato penerimaan Oscar untuk sutradara terbaik, Bong berterima kasih kepada rekan-rekan nominasi lainnya untuk pekerjaan dan inspirasi mereka. Dia secara khusus mengenali dan mengutip Martin Scorsese: “Ketika saya masih muda dan belajar sinema, ada ungkapan bahwa saya mengukir jauh ke dalam hati saya, yaitu yang paling pribadi adalah yang paling kreatif.”

Film Parasite (2019).

Menurut Insider, Bong mengungkapkan pada pemutaran London, Parasite bahwa film itu memang terinspirasi oleh peristiwa nyata, setidaknya sampai batas tertentu.

Baca juga: Memaknai Kemenangan Parasite di Oscar 2020

“Pacar saya (ketika dia masih muda) mengajar bahasa Inggris kepada seorang anak lelaki di keluarga kaya dan dia membutuhkan guru matematika, jadi dia memperkenalkan saya kepada keluarga,” kata Bong kepada audiensi Q&A.

Ini adalah cara yang sama ketika putra Kim menjadi tutor untuk putri Park, yang mengawali peristiwa dalam plot invasi rumah yang penuh ketegangan.

“Saya bekerja dengannya di rumah itu, tetapi ceritanya berakhir di sana. Kami tidak melakukan hal buruk. Saya dipecat setelah dua bulan. Pacar itu, bagaimanapun, sekarang adalah istriku,” ucap Bong.

Bong kini menikmati kemenangan bersejarah Parasite. Ini adalah film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan film terbaik, sekaligus pembuat film Korea pertama yang memenangkan sutradara terbaik. Ia berbagi kehormatan dengan sesama calon nominasi Scorsese, Quentin Tarantino, Sam Mendes dan Todd Phillips.

“Ketika orang-orang di AS tidak terbiasa dengan film saya, Quentin selalu memasukkan film saya ke dalam daftarnya. Todd dan Sam, sutradara hebat yang saya kagumi. Jika Akademi mengizinkan, saya ingin mendapatkan gergaji Texas, membagi penghargaan menjadi lima dan membagikannya kepada kalian semua. Terima kasih. Saya akan minum sampai pagi berikutnya, terima kasih.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply