Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Aturan untuk Sukses Berkarier Sebagai Seorang Jurnalis

Profesi jurnalis. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Mungkin banyak orang melihat pekerjaan seorang jurnalis hanya mencari berita dan menuliskannya untuk disajikan kepada audiens.

Bekerja sebagai seorang jurnalis faktanya tidak sesederhana itu. Banyak hal krusial harus dilakukan agar karier sebagai jurnalis bisa berjalan lancar dan semakin berkembang.

Dikutip dari Quora.com, berikut ini beberapa aturan yang bisa kamu lakukan agar kariermu sebagai jurnalis semakin mantap.

Jangan pernah berbohong Jika kamu sengaja berbohong, baik dalam ceritamu atau bahkan saat berbicara dengan seseorang, mereka kehilangan kepercayaan padamu.

Baca juga: Bukan Sarjana Jurnalistik Tapi Mau Jadi Wartawan, Begini Caranya

Lakukan pekerjaan sendiri
Jangan terima catatan, rekaman, dan sebagainya dari orang lain untuk menulis cerita atau berita kamu. Lakukan wawancara sendiri. Dengan begitu kamu tahu sumbernya benar-benar mengatakannya.

Jangan menjadi bagian dari cerita
Jangan melakukan apa pun yang menempatkan dirimu dalam cerita. Kamu ada untuk mengamati dan menulis, tetapi tidak untuk ikut campur. Tidak ada pembaca yang peduli dengan dirimu. Kamu mendapat nilai baik dari Pemred itu sudah cukup.

Tetap profesional
Pertahankan sikap profesional setiap saat. Sumber kamu bukan temanmu. Mereka adalah kontakmu. Tapi ini bukan berarti kamu tidak bisa ramah, bersikaplah ramah dan tetap hangat namun selalu jaga jarak.

Baca juga: Tips untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia Jurnalistik

Rendah hati
Kamu penulis hebat. Itulah alasanmu terjun ke bisnis ini. Jangan memancing pujian dari orang lain tentang hal itu. Jika seseorang memuji cerita kamu, beri tahu mereka bahwa itu adalah subjek yang membuatnya hebat.

Lakukan apa yang kamu katakan
Jika kamu memberi tahu narasumber kamu akan memanggil atau bertemu mereka, lakukanlah, jangan ingkar janji untuk wawancara mereka. Dan sebaiknya kamu segera menyelesaikannya.

Sadari kamu bukan paparazzi
Jangan ganggu narasumber kamu. Jangan membuat berita menjadi sensasional. Jika sumber kamu menolak bicara, carilah sumber lain.

Belajar dari senior
Setiap orang memiliki orang yang lebih baik. belajarlah dari editor ataupun pemred kamu untuk meningkatkan kemampuanmu dalam bekerja sebagai jurnalis. Selain banyak belajar, kamu juga harus berintegritas. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply