Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini 10 Menteri Jokowi yang Kinerjanya Paling Cemerlang Menurut Survei

Menteri Kabinet Jokowi periode 2. (dok. Suara)

Topcareer.id – Alvara Research Center telah merilis peringkat top 10 menteri dengan kinerja paling memuaskan di era Jokowi yang telah memasuki masa kerja 100 hari sejak pertama kali dilantik. Penilaian ini berdasar tingkat kepuasaan oleh masyarakat.

CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali menyatakan lembaga surveynya menggunakan skala 1 – 6 untuk memberi tingkat penilaian kepuasan kerja menteri-menteri tersebut. Skala 1 (sangat tidak puas sekali) hingga skala 6 (sangat puas sekali).

Dari hasil survey ini didapatkan 10 peringkat teratas menteri dengan kinerja yang paling menonjol dan memuaskan publik. Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Jelang Pengumuman, Berapa Gaji Menteri Presiden Jokowi?

  1. Menteri BUMN Erick Thohir (4,02)
  2. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (3,95)
  3. Menteri Keuangan Sri Mulyani (3,94)
  4. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (3,91)
  5. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (3,88)
  6. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (3,88)
  7. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (3,86)
  8. Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro (3,85)
  9. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (3,85)
  10. Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (3,84)

Melalui keterangan tertulis, Rabu (12/02/2020), Hasanuddin Ali memaparkan “Menteri-menteri dari kalangan profesional lebih mendapat apresiasi dari publik, terbukti dengan hampir semua 10 menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi berasal dari kalangan profesional.”

Hasanuddin menambahkan, Kebijakan bersih-bersih BUMN yang banyak didukung publik mendapat apresiasi tinggi dengan menempatkan Erick Thohir sebagai Menteri yang mendapat kepuasan tertinggi. Dia diikuti oleh Nadiem Makarim melalui kebijakannya menghapus Ujian Nasional.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Beri 50% Dana BOS untuk Gaji Guru Honorer

Sementara Sri Mulyani mendapat apresiasi publik dengan kemampuannya menjaga stabilitas keuangan RI, hingga masuk ke dalam 3 besar menteri dengan kepuasan publik tertinggi.

Survei ini didasarkan pada hasil survei wawancara yang dilakukan Alvara pada akhir Januari hingga awal Februari dengan 1.000 responden dan margin error 3,16%, serta tingkat kepercayaan 95%.

Adapun data diperoleh melalui wawancara tatap muka yang dilakukan dengan multistage random sampling di 13 provinsi Indonesia. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply