Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Minyak Kayu Putih bagi Ibu Hamil

Minyak kayu putih. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Kehamilan adalah anugerah bagi pasangan suami-istri. Tetapi, kehamilan juga memberikan tantangan kepada si ibu hamil yang menjalaninya. Terutama ketika baru menginjak masa awal kehamilan, yakni sekitar 3 bulan pertama, ketika tubuh mulai mengalami perubahan-perubahan hormonal.

Hal ini menimbulkan gejala-gejala gangguan kesehatan ringan seperti pusing-pusing, mual dan muntah dengan perut yang terasa kembung.

Mual dan muntah pada ibu hamil baik adanya, karena merupakan tanda plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG. Hormon ini meningkat persentasenya seiring pertumbuhan plasenta, dengan fungsinya kelak menjaga janin tumbuh dengan baik.

Baca juga: Please, Jangan Katakan Ini ke Ibu Hamil yang Bekerja

Umum digunakan sebagai pereda gangguan kesehatan ringan semacam pusing-pusing dan mual adalah obat-obatan luar yang dibalurkan ke bagian tubuh. Pilihan paling praktis antara lain penggunaan minyak kayu putih, karena bentuknya yang cair dan tidak menyebabkan lengket.

Minyak kayu putih yang juga dikenal dengan sebutan minyak atsiri, merupakan hasil destilasi atau penyulingan daun kayu putih (Melaleuca Leucadendron Linn) yang memiliki aroma dan khasiat yang khas.

Dengan aroma serta khasiatnya yang mujarab, minyak kayu putih bisa difungsikan sebagai aromaterapi untuk meredakan gejala mual.

Baca juga: Hamil dan Bekerja? Ini 3 Tanda Kamu Harus Cuti

Seperti diketahui, salah satu hal yang memancing timbulnya rasa mual adalah terciumnya bau-bauan tidak sedap di sekitar ibu hamil. Dengan menghirup minyak kayu putih, rasa mual dapat diminimalisasi.

Di luar fungsi aromaterapi, minyak kayu putih yang memiliki rasa hangat bisa membantu menghangatkan ibu hamil yang cenderung lebih sensitif dengan udara dingin. Juga bisa meredakan perut kembung, masuk angin, dan gatal-gatal, yang juga sering kali menyerang ibu-ibu hamil.* Diolah dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply