Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Sumber foto: happyho.in

Topcareer.id – Gaya hidup serba cepat saat ini menciptakan banyak tekanan pada pikiran. Ini bisa mengganggu kesehatan secara fisik dan mental, serta mengganggu kebahagiaan.

Salah satu cara untuk melawannya, adalah dengan perbanyak senyum dan tawa. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tersenyum atau tertawa, bahkan jika dipalsukan, tetap bisa membuatmu merasa lebih bahagia dan lebih sehat.

Mengutip allianz.com.au, Jumat (14/02/2020), berikut ini beberapa manfaat dari tertawa bagi kesehatan.

  • Reaksi kimia
    Gerakan otot-otot di wajah ketika tersenyum mengirimkan sinyal ke otak, yang menyebabkan pelepasan bahan kimia yang dikenal sebagai endorfin dan serotoninin. Ini akan meningkatkan mood dan membuatmu merasa senang.
  • Mengurangi hormon stres
    Kortisol dan katekolamin adalah hormon yang dilepaskan sebagai respons terhadap skenario stres. Ketika endorfin dilepaskan sebagai hasil dari tertawa, kortisol dan katekolamin berkurang.
  • Merelaksasi otot dan menjaga jantung
    Tertawa membersihkan paru-paru dengan cara mengisi kembali kadar oksigen serta nutrisi di seluruh tubuh. Tawa riang dapat meredakan ketegangan dan merilekskan otot. Orang yang tertawa secara teratur memiliki tekanan darah lebih rendah daripada rata-rata orang.
  • Meningkatkan kekebalan dan fungsi otak
    Studi klinis telah menunjukkan bahwa tawa meningkatkan antibodi penangkal infeksi dan meningkatkan kadar sel-sel kekebalan kunci seperti sel darah putih.

Tertawa juga dapat meningkatkan memori. Tertawa merangsang sisi kiri dan kanan otak, menjaga otak tetap waspada dan memungkinkan untuk bisa menyimpan lebih banyak informasi di otak.

Tertawa juga terbukti merangsang area lobus frontal otak yang meningkatkan kemampuan berpikir logis dan membuat keputusan lebih baik.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply