Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, September 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ketiak Hitam Bikin Tak Pede? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi. (dok. Huffington Post)

Topcareer.id – Kami yakin kamu pernah kesal karena tak bisa mewujudkan imajinasi dandanan ideal karena terhalang kekurangan. Misalkan, tumbuhnya bulu di kaki membuat malas memakai celana atau rok pendek. Sama juga seperti masalah ketiak hitam. Topik ini mungkin agak risi dibicarakan, padahal banyak yang mengalaminya.

Cuma karena malu, banyak yang memilih diam, tak mau sharing dan menanyakan solusinya. Alhasil, ya sudah didiamkan saja. Lama-lama dibiarkan dan memilih menyiasatinya dengan memakai pakaian yang “aman”. Meski sebenarnya terkadang muncul keinginan untuk sesekali menjajal jenis “you can see“, kemben, atau backless.

Baca juga: Rahasia Kecantikan Alami Wanita India yang Bisa Kamu Aplikasikan

Jangan sedih, kalau enggan membicarakannya, kami mencoba memberi info seputar ketiak hitam yang bikin bete ini. Pertama, harus diketahui penyebabnya.

Buat yang berkulit agak gelap mungkin sedikit pasrah dan menganggap ketiak hitam efek warna kulitnya. Sedangkan buat mereka yang berkulit putih namun berketiak hitam, bingung. Nah, berikut beberapa penyebab yang bisa kamu telisik.

Tumpukan sel kulit mati

Banyak ahli menyebutkan, salah satu penyebab menghitamnya kulit ketiak, kulit kering. Bicara kulit kering, pastinya bicara kulit tidak sehat. Kulit tidak sehat pasti tak jauh-jauh dari sel kulit mati.

Sering kali sel kulit mati bersarang di satu tempat seperti ketiak dan membuatnya kusam. Kami sarankan, cobalah mandi sambil gosokkan sabun kaya moisturizer.

Baca juga: Suka Berdandan? 4 Profesi Ini Bisa Kamu Coba

Penggunaan deodoran yang tidak tepat

Meski wangi adalah keharusan, kamu tak boleh sembarangan memilih deodoran. Saking banyaknya produk, biasanya orang tak terlalu peduli dengan kandungan di dalamnya.

Padahal tak semua produk mengandung bahan alami yang cocok dan aman untuk kulit. Tetap ada bahan kimia, yang kalau tak dicermati benar, membuat kulit iritasi dan perlahan menghitam. Kalau makin parah, cobalah mengganti produk deodoran kamu.

Kami sarankan hindari yang antiperspirant. Gunakan yang kandungannya lebih lembut atau malah gantilah dengan bedak.

Baca juga: 29, Usia Saat Wanita Merasa Paling Cantik

Masalah medis

Kalau kamu merasa tak bermasalah dengan salah satu poin di atas, berarti ada masalah medis lain yang harus dikonsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Salah satunya kelebihan pigmen melanin.

Selain itu ada juga penyakit lain yang ikut memengaruhi.

Contohnya, melalui bakteri erythrasma yang tumbuh dalam diri orang yang terjangkit diabetes melitus. Menurut penelitian, kemungkinan besar orang dengan penyakit yang lebih rentan menimpa orang yang hidup di daerah tropis itu juga bakal dihadapkan pada masalah ketiak hitam. * Diolah dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan