Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Obat yang Tepat Atasi Influenza

Ilustrasi. (dok. Adobestock)

Topcareer.id – Musim hujan masih melanda. Saat seperti ini siapa saja mudah terserang penyakit. Salah satunya flu atau influenza.

Penyakit ini kerap disepelekan kebanyakan orang. Kita tahu penularan penyakit ini sangat mudah, yaitu melalui udara yang mengandung virus, berpindah dari satu penderita ke penderita lain pada saat batuk, bersin, maupun melalui kontak langsung melalui tangan.

Lalu, bagaimana pengobatan flu yang tepat?

  • Pemberian penurun panas dan penghilang rasa sakit untuk mengatasi gejala demam dan sakit kepala, maupun sakit pada otot dan sendi.
  • Untuk mengatasi hidung tersumbat dan bersin-bersin dapat diberikan antihistamin.
  • Untuk mengatasi hidung berair dapat diberikan dekongestan nasal.
  • Untuk batuk biasanya tidak diberikan obat batuk, karena dapat sembuh dengan sendirinya menyusul hilangnya gejala lain. Kecuali pada kasus tertentu di mana batuk yang diderita sangat mengganggu tidur dan aktivitas sehingga pemberian obat batuk sangat diperlukan.

Baca juga: Kenapa Kita Perlu ke Dokter Gigi 2 Kali Setahun Walau Tak Sakit?

Cepat lambatnya pemulihan flu tergantung treatment yang dilakukan. Dalam mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi sekunder, hal lain yang perlu diperhatikan adalah tetap mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan minum cairan yang banyak.

Penggunaan obat yang mengandung komposisi Paracetamol 500 mg, Pseudoefedrin 30 mg, dan Klorfeniramin Maleat 2 mg juga dapat membantu kesembuhan. Itu tak lain karena kandungan tersebut memiliki cara penyembuhan yang tepat guna. Paracetamol digunakan untuk menghilangkan demam dan sakit kepala (analgetik).

Pseudoefedrin bekerja sebagai dekongestan yang efektif meredakan hidung tersumbat. Sedang Klorfeniramin Maleat merupakan antihistamin yang efektif menghilangkan bersin-bersin.

Obat flu dengan kandungan jenis ini dapat diandalkan karena komposisinya sangat efektif dan meringankan gejala flu dan terbukti aman dan manjur. Kalau sudah tahu, jangan ragu praktekkan tindakan pencegahan dan pengobatan untuk orang di sekitar kamu. * Diolah dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply