Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Cara Simple Lawan Ketiak Hitam

Ilustrasi. (dok. Collective evolution)

Topcareer.id – Ketiak hitam memang bikin rasa percaya diri menurun. Terutama buat wanita. Adakah solusi sederhana untuk mengatasinya?

Sebelum bicara splusi, hal penting yang perlu diingat, meski keberadaannya agak menjengkelkan — khususnya buat kaum wanita — tumbuhnya bulu ketiak hal normal. Wajar kalau ketiak kamu berwarna agak gelap ketimbang bagian tubuh lain. Apalagi bulu ketiak cenderung lebih tebal dan lebat.

Hal ini yang bikin orang enggak betah dan ingin selalu menyingkirkannya. Cuma, bukan berarti harus yang dua kali sehari mencukur. Lagi pula mencukur hanya menghilangkan bulu di lapisan teratas kulit, jadi kesan hitam di ketiak berasal dari akar bulu di balik lapisan kulit.

Baca juga: Jawaban Kenapa Nafsu Makan Menurun Saat Sakit (dan Kenapa Itu Bagus Buat Tubuh)

Mencukur bulu ketiak

Karena itulah mencukur bulu ketiak sebenarnya tidak disarankan. Bulu ketiak lebih baik dihilangkan dengan waxing yang prosesnya mencabut sampai ke akar-akarnya, sehingga ketiak pun lebih mulus.

Kalaupun kamu tak punya waktu atau masih kurang familier dengan waxing, shaving sah-sah saja dilakukan asal caranya tepat.

Biasakan mencukur saat mandi, agar kulit kulit ketiak lembut saat dicukur. Kami sarankan mengoleskan shaving gel atau krim sebelumnya, jangan sabun mandi. Setelah itu gerakan mencukurnya ke atas, samping, dan bawah karena bulu tumbuh dari berbagai arah.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Bikin Sakit Tenggorokan, Begini Mengatasinya

Cara natural

Hindari pakaian terlalu ketat yang bisa membuat kulit iritasi. Terlebih kamu yang kelebihan berat badan. Usahakan pilih pakaian berbahan katun yang menyerap keringat.

Saat mandi, jangan gosok bagian ketiak dengan kasar. Gunakan batu apung perlahan dan lembut.

Setidaknya sebelum mandi sore atau malam, taruh dan gosokkan potongan jeruk lemon — buah yang dipercaya pemutih alami — dan letakkan di ketiak. Lima belas menit kemudian, bilas sambil mandi.

Supaya hasil maksimal dan efektif, sebelum tidur, oleskan minyak vitamin E dan gel lidah buaya yang ampuh mencerahkan kulit.

Sekali seminggu kalau sempat, buatlah parutan kentang dan gosokkan ke ketiak selama lima belas menit. Kentang juga salah satu bahan alami yang sejak dulu sering digunakan orang untuk membantu proses pemulihan kulit kusam. * Diolah dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan