Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Tiga WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess Positif Korona

Kapal pesiar Diamond Princess. (dok. NY Post)

Topcareer.id – Indonesia untuk kali pertama mencatatkan warganya terjangkit virus Korona. Bukan di tanah air, namun yang tengah berada di kapal pesiar. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengatakan tiga anggota awak Indonesia yang dikarantina di kapal pesiar Diamond Princess di lepas pantai Jepang, dinyatakan positif virus corona Covid-19.

“Berdasarkan komunikasi kita terakhir, termasuk pembicaraan dengan Dubes Jepang, maka diperoleh informasi bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirm (positif),” kata Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri, Selasa (18/2/2020).

Dua di antara mereka telah dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba, Jepang. Sementara, yang lain sedang menunggu untuk dibawa ke fasilitas medis.

Menteri menambahkan bahwa staf dari kedutaan Indonesia di Tokyo telah berangkat ke Chiba, untuk memastikan bahwa warga negara Indonesia menerima perawatan yang tepat.

Hingga saat ini kapal pesiar Diamond Cruise yang dikarantina sejak tiba di Yokohama pada 3 Februari itu, terdapat 454 orang yang positif terinfeksi virus korona. Sementara ada lebih dari 3600 orang di dalamnya, dan 78 di antara adalah Warga Negara Indonesia yang menjadi kru kapal.

Baca juga: Keraguan Dunia atas Klaim Indonesia Bebas Korona

Menlu mengatakan, pemerintah melalui Kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo terus melakukan komunikasi dengan 78 WNI tersebut, bahkan sempat mengirimkan beberapa keperluan logistik.

Dengan lebih dari 450 kasus yang terinfeksi, Diamond Princess memiliki kelompok kasus terbesar di luar Tiongkok. Minggu lalu, Amerika Serikat mengevakuasi sekitar 400 warga dari Diamond Princess.

Australia, Kanada, Italia, Korea Selatan dan Hong Kong juga telah mengumumkan rencana untuk memulangkan penumpang. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply