Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 8, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Tepat Mengatasi Penolakan Secara Profesional

Topcareer.id – Ditolak memang menakutkan, tetapi orang harus belajar menghadapi penolakan dengan anggun tanpa membiarkannya memengaruhi kepercayaan diri.

Mari dipahami bahwa penolakan adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan pribadi dan profesional seseorang.

Mengutip medium.com, Selasa (18/02/2020), berikut beberapa cara untuk menghadapi penolakan profesional di tempat kerja.

Kelola emosi
Penolakan dalam bentuk atau cara apa pun, dapat menyebabkan pergolakan emosional. Sebagian besar orang akan bereaksi langsung atau mulai mengisi emosi di dalam diri.

Ketika mengelola emosi dengan cara yang benar, kamu bisa mengalami perubahan dalam perspektif dan kepribadian. Kamu harus belajar mengelola emosi untuk menerima penolakan dengan tenang.

Ambil jeda dan beri penilaian
Setiap menerima penolakan, renungkanlah kekuatan dan kelemahanmu. Dengan penolakan justru kamu mendapat kesempatan untuk melihat apakah kamu bisa menangani situasi secara berbeda atau mungkin dengan pendekatan yang lebih baik.

Luangkan waktu sejenak untuk jeda dan menilai jika tindakan atau perilakumu telah menyebabkan penolakan ini. Jangan biarkan emosi mengaburkan penilaianmu dan jujurlah saat merenungkan masalah tersebut.

Cari feedback atau kritik yang membangun
Mencari feedback mungkin merupakan cara terbaik dan paling tepat untuk mencari tahu mengapa kamu ditolak. Daripada kamu mencoba jadi Sherlock Holmes dan menenun cerita di kepala, lebih baik diskusikan apa yang terjadi dengan atasan atau HRD untuk mendapat feedback.

Terbukalah untuk menerimanya dan jika ada kritik terimalah secara konstruktif. Ambil tindakan positif untuk mengembangkan atau mengubah area di mana kamu menerima feedback dan kritik.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply