Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Sosok

Claus Wamafma, Putra Papua yang Jadi Direktur PT. Freeport Indonesia

Claus Wamafma. (dok. idnews)

Topcareer.id – Putra daerah Papua, Claus Wamafma ditunjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi direktur PT Freeport Indonesia.

Eric Thohir menunjuknya saat merombak jajaran direksi dan komisaris PT. Freeport Indonesia. Claus telah meniti karier di Freeport selama 20 tahun.

“Ini baru pertama direktur Freeport dari orang asli Papua yang berkarier dari bawah,” kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, Senin (17/2).

Dikutip dari laman linkedin, Claus Wamafma menamatkan pendidikan hingga meraih gelar Sarjana Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung pada 1998. Di kampus yang sama, ia juga meraih gelar magister pada 2009.

Baca juga: Penerbangan Perintis Berdampak Positif Bagi Masyarakat Papua

Karier di Freeport Indonesia, Claus pernah menjabat General Superintendent-Warehouse selama tiga tahun sejak April 2008. Tanggung jawabnya mengembangkan pergudangan dan distribusi dalam mendukung operasional tambang.

Kariernya menanjak pada 2011 setelah menjabat Manager Warehouse Management. Dia mengemban jabatan tersebut selama delapan tahun. Tugasnya mengelola gudang operasional dengan lebih dari 120.000 item dengan nilai persediaan lebih dari USD 350 juta.

Terakhir Claus Wamafma menjabat sebagai Vice President of Community Development sejak 2014 hingga akhirnya sekarang diangkat menjadi direktur PT. Freeport Indonesia.

Baca juga: Girangnya Warga Papua, Harga Bahan Pokok Turun Hingga 70% Berkat Jembatan Udara

Penunjukkan Claus Wamafma sebagai direktur di PT. Freeport Indonesia menurut Arya menunjukkan bahwa sumber daya manusia Papua juga mampu mengisi jabatan strategis.

Arya juga menyampaikan bahwa pemerintah memang mendorong PT. Freeport Indonesia untuk merekrut orang Papua. Namun penunjukan direksi dilakukan secara profesional, sesuai tugas yang diembannya.

Jumlah pegawai Freeport Indonesia saat ini mencapai 7.096 orang. Sebanyak 2.890 orang atau 40,72% nya merupakan orang Papua. Sisanya berasal dari luar Papua, baik WNI maupun WNA.

Selain Claus, ada AM Fachir yang menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I, mendampingi Erick Thohir. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan