Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Atasi Grogi Saat Public Speaking dengan Metode KAPAL

Ilustrasi. Sumber foto: Anxiety attack solutionsIlustrasi. Sumber foto: Anxiety attack solutions

Topcareer.id – Public speaking, salah satu keterampilan yang wajib dimiliki jika ingin menjadi seorang pemimpin yang berkarakter. Tidak mudah menguasai skill ini, dibutuhkan mental kuat dan sanggup mengatasi perasaan grogi berbicara di depan umum.

Rumah Millenials, sebuah yayasan yang memberdayakan para millenial mengadakan M-Talks tentang mengembangkan kepemimpinan yang berkarakter pada Selasa, 18 Februari 2020 di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat.

Pada acara ini salah seorang narasumber Miss Via, yang juga merupakan Ketua Bidang Public Speaking Rumah Millenials berbagi tips untuk para millenial yang hadir pada acara tersebut bagaimana cara mengatasi gugup saat hendak presentasi.

Menurut Miss Via, ia mempunyai metode KAPAL untuk mengatasi grogi. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 3 Alasan Perlunya Mempelajari Public Speaking Sejak Dini

K: kuasai
Rasa takut tidak dapat dihilangkan, tetapi masih dapat dikuasai. Kuasailah materi yang akan dipresentasikan. Jika kamu menguasai materi yang akan kamu sampaikan, rasa gugupmu saat hendak presentasi akan menurun dengan cukup signifikan.

A: atur pernapasan
Sebelum melakukan preentasi di depan publik, lakukanlah pernapasan perut (diafragma). Ini bertujuan agar membuat diri lebih tenang.

P: pemanasan
Lakukan pemanasan yang cukup dengan senam wajah dan relaksasi wajah sebelum kamu tampil di atas panggung.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Public Speaking

A: afirmasi positif
Ini adalah kekuatannya. 99% rasa ketakutan berasal dari mental dan pikiran yang berpengaruh terhadap diri sendiri dan bisa menyebabkan kegagalan. Beri asupan pikiranmu dengan hal-hal yang memotivasi dan positif.

L: latihan
Perbanyak latihan dan persiapan sebelum presentasi. Latihan membantumu menguasai materi dan membiasakan diri untuk berbicara, latih juga gesture dan ekspresi wajah untuk menambah kekuatan public speaking.

Setelah menguasai metode KAPAL, ada lagi yang harus kamu lakukan. “Harus membiasakan diri untuk mengeluarkan suara yang jelas dan sering berkomunikasi supaya terus terlatih,” ujar Miss Via. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply