Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 3, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung Kamu

Ilustrasi. (dok. Texas Heart Institute)

Topcareer.id – Makanan dengan jumlah kalori dan lemak yang tepat merupakan bagian penting dari merawat jantung kamu.

Beberapa makanan menjadi pilihan tepat karena profil nutrisinya. American Heart Association menyarankan diet yang kaya akan buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, unggas, ikan, dan kacang-kacangan.

Dikutip dari Verywellhealth.com, pilihan makanan berikut ini sangat layak untuk menjaga kesehatan jantung kamu.

Apel Merah
Apel mengandung banyak senyawa berbeda yang meningkatkan berbagai faktor yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Kandungannya antara lain fitokimia yang disebut quercetin yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi alami.

Quercetin juga dapat membantu mencegah pembekuan darah. Apel juga mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat serta polifenol yang dikenal karena efek antioksidannya.

Baca juga: Ashraf Sinclair Meninggal, Ini Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

Minyak zaitun
Minyak zaitun menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan itu merupakan komponen penting dari diet Mediterania. Minyak zaitun juga dapat memperlambat penuaan jantung.

Alpukat
Kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun, ditambah mereka kaya dengan vitamin dan fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi jantung.

Ikan salmon
Salah satu sumber terbaik dari dua asam lemak omega-3, EPA dan DHA. EPA dan DHA telah lama dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi sel endotel.

Baca juga: Jalan Kaki 20 Menit Sehari Kurangi Risiko Diabetes dan Jantung

Gandum Utuh
Biji-bijian utuh menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang akan membantu menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida. Oat mengandung serat larut yang disebut beta glukan yang membantu mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL.

Kedelai dan kacang-kacangan
Kedelai adalah protein nabati dan alternatif yang bagus untuk daging. Ini memiliki efek kardiovaskular yang mengesankan, termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol. Asam lemak omega-3 pada kedelai mengurangi risiko masalah jantung. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply