Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Tuesday, March 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

BKN: Tingkat Kelulusan SKD Kemenlu Tertinggi Sementara

Dok. Okezone

Topcareer.id – Dari 521 instansi yang membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), 329 instansi di antaranya sudah selesai melaksanakan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) (per 19 Februari 2020). Dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menjadi instansi dengan tingkat kelulusan tertinggi sementara.

Disebutkan dalam data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), tingkat kelulusan tes SKD Kementerian Luar Negeri mencapai angka 90,98 persen. Disusul kemudian oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 88,67 persen.

Lalu posisi tiga ada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dengan 87,89 persen, Badan Informasi Geospasial 85,59 persen dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 82,06 persen.

Baca juga: 3 Juta CPNS Lolos Seleksi Awal, Ini yang Perlu Diketahui untuk Tes Berikutnya

“Beruntung sekali Kemenlu ini, biasanya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) setiap tahun. Tapi tahun ini kalah oleh Kemenlu. Jadi bersyukur sekali ini Kementerian Luar Negeri mendapatkan peserta yang sedemikian itu karena kita memang membutuhkan diplomat-diplomat ulung  ke depan,” kata Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, Kamis (20/2/2020).

Daftar itu untuk kelulusan SKD di tingkat instansi pusat. Di instansi daerah, tingkat kelulusan tertinggi sementara diraih oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 74,95 persen.

Menurut Bima, yang perlu diketahui adalah tingkat kesulitan soal untuk instansi pusat dan di wilayah Jawa itu sama. Namun, akan berbeda untuk daerah di luar Jawa.

“Tingkat kesulitannya (soal) agak berbeda tergantung tingkat pembangunannya juga,” ujar Bima kepada awak media di Gedung BKN, Jakarta.

Untuk data kelulusan sementara peserta SKD CPNS 2019, pelamar untuk jenis formasi umum sebanyak 3.339.908, yang hadir ujian sementara 2.275.686, dan yang lulus passing grade 949.300 atau sekitar 42,68 persen. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply