Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 16, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Perhatikan Hal Ini Agar Tak Terjebak Pinjaman Online

Sumber foto: Medium

Topcareer.id – Dewasa ini, banyak di antara kita yang mengambil pinjaman online karena tergoda dengan kemudahan dan kecepatan pencairan dana yang dibutuhkan. Sehingga banyak yang tidak teliti terhadap disclaimer yang merugikan.

Alhasil, banyak peminjam yang terjebak dalam siklus utang berkepanjangan. Banyak pemberi pinjaman online menggunakan praktik kasar atau tidak adil, menawarkan pinjaman dengan suku bunga tinggi dan jangka waktu pembayaran yang terlalu lama atau pendek untuk meraup keuntungan.

Karena itu, telitilah dalam memilih pinjaman online. Mengutip citizen-times.com, Kamis (20/02/2020), kamu harus terlebih dahulu memerhatikan tanda-tanda ini.

Iklan tanpa BI checking
Beberapa pemberi pinjaman online mengiklankan pinjaman yang tidak memerlukan BI checking, artinya pemberi pinjaman tidak memperoleh informasi tentang sejarah keuangan peminjam dan tidak dapat mengukur kemampuan mereka untuk membayar kembali pinjaman. Beberapa pemberi pinjaman online predator akan sering mengenakan tingkat persentase tahunan yang jauh lebih tinggi untuk menebus peminjam yang mau tidak mau default pada pinjaman mereka.

Fokus pada pembayaran bulanan
Kamu harus waspada pada iklan pemberi pinjaman yang mengiklankan pembayaran bulanan rendah tanpa menyebutkan jangka waktu pinjaman. Pemberi pinjaman dapat melakukan ini untuk mengalihkan perhatian dari jangka waktu dan suku bunga pinjaman.

Jangka waktu pembayaran yang panjang atau pendek
Pemberi pinjaman online biasanya meminta peminjam untuk membayar kembali pinjaman dalam waktu satu atau dua minggu. Tetapi, beberapa pemberi pinjaman online menawarkan pinjaman kecil dengan bunga tinggi dan periode pembayaran yang terlalu lama. Pinjaman online semacam ini dapat membuat peminjam membayar lebih banyak dalam biaya dan bunga dari jumlah yang pada awalnya diambil.

Baca juga: Gaji Selalu Habis? Ini 7 Pertanyaan Soal Uang yang Wajib kamu Jawab

Cara keluar dari pinjaman online.

Membiayai kembali pinjaman
Jika peminjam memiliki kredit yang agak solid, peminjam mungkin dapat melunasi pinjaman online dengan pinjaman lain dari pemberi pinjaman terkemuka.

Carilah konsultasi gratis
Kamu mungkin bisa menemukan lembaga bantuan yang menawarkan konsultasi finansial secara gratis atau murah. Pilihan lain mungkin mencari konselor kredit untuk membantumu menentukan cara terbaik ke depannya.

Hubungi lembaga bantuan hukum
Menghubungi lembaga bantuan hukum tidak akan membuatmu keluar dari pinjaman, tetapi itu akan membuat catatan bahwa kamu pernah menjumpai praktik peminjaman yang curang. Jika kamu salah satu dari sekian banyak pengadu, ada kemungkinan kantor hukum akan membantu menyelidiki masalahmu lebih lanjut.

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan