Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, August 9, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Kondisi 3 WNI Positif Virus Korona di Diamond Princess Stabil

Kapal pesiar Diamond Princess. (dok. NY Post)

Topcareer.id – Tiga orang Warga Negara Indonesia (WNI) kru kapal Diamond Princess yang positif virus korona Covid-19 saat ini tengah dirawat di rumah sakit di bawah otoritas kesehatan Jepang. Dikabarkan ketiganya dalam kondisi stabil.

Dalam rilis berita Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Ahmad Yurianto mengatakan pihaknya memastikan ketiga WNI terinfeksi virus korona sudah dirawat di RS, namun Pemerintah Jepang tidak menyebutkan nama rumah sakit yang menjadi tempat mereka dirawat.

“Ini jadi etika untuk tidak menyebut RS-nya di mana dan tidak menyebutkan nama pasiennya siapa. Ini etika,” kata dr. Achmad Yurianto di JI EXPO Kemayoran, Rabu (19/2/2020).

Baca juga: Virus Korona Lebih Fatal Imbasnya pada Laki-laki Dibanding Perempuan

Dr. Ahmad mengatakan, 3 WNI tersebut sepenuhnya dilayani oleh Pemerintah Jepang. Sementara, kondisi mereka stabil dan pemerintah Indonesia tidak meragukan kapasitas yang dimiliki oleh otoritas Jepang untuk melakukan pelayanan kesehatan bagi WNI.

Sementara, 75 WNI lainnya masih harus menjalankan masa karantina. Masa karantina yang dilakukan Pemerintah Jepang beda dengan karantina yang dilakukan di Indonesia.

“Beda di dalam kaitan mempublikasikan tempatnya. Kalau Jepang hanya mengatakan dikarantina di suatu tempat, kalau karantina di Indonesia dipublikasikan nama lokasi yang menjadi tempat karantina,” ucap dr. Achmad.

Sebelumnya, pada Selasa (18/2/2020), Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi menyatakan tiga anggota awak Indonesia yang dikarantina di kapal pesiar Diamond Princess di lepas pantai Jepang, dinyatakan positif virus korona Covid-19.

“Berdasarkan komunikasi kita terakhir, termasuk pembicaraan dengan Dubes Jepang, maka diperoleh informasi bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirm (positif),” kata Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply