Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Perempuan yang Dapat Promosi Kerja Lebih Rentan Cerai

Ilustrasi. (dok. NYC Offices Suites)

Topcareer.id – Promosi jabatan sering jadi pencapaian yang diinginkan setiap karyawan, tak membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan. Tapi, bagaimana jika naik jabatan itu konsekuensinya malah merusak hubungan? Khususnya, bagi pekerja perempuan.

Menurut penelitian terbaru yang ditulis bersama oleh Johanna Rickne, seorang profesor di Universitas Stockholm, perempuan yang menerima promosi besar lebih mungkin bercerai.

Penelitian Dr. Rickne meneliti laki-laki dan perempuan yang dipekerjakan oleh bisnis swasta dengan 100 karyawan atau lebih dan menemukan bahwa perempuan yang sudah menikah dua kali lebih mungkin bercerai tiga tahun setelah promosi tingkat CEO jika dibandingkan dengan rekan pekerja laki-laki.

Selain itu, peneliti memeriksa tiga dekade catatan pekerja di sektor publik dan menemukan perempuan yang terpilih untuk jabatan publik hampir dua kali lebih mungkin bercerai setelah pemilihan yang sukses. Dokter wanita dan anggota penegak hukum yang mendapatkan promosi besar juga mengikuti tren ini.

Para peneliti percaya bahwa ketegangan dan konflik pasca-promosi dapat disalahkan. Ketika pasangan mengalami perubahan besar dalam peran di rumah tangga, itu bisa menyebabkan masalah.

Berkurangnya waktu yang dihabiskan bersama, termasuk perubahan dalam pembagian tugas rumah tangga dapat menimbulkan stres, terutama di mana norma gender dilibatkan.

“Masih dipandang sangat tidak biasa bagi laki-laki untuk menjadi pasangan pendukung utama dalam karier orang lain,” kata Rickne dalam sebuah wawancara bulan lalu dengan BBC.

Leave a Reply