Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hati-Hati, Stres Bisa Jadi Biang Keladi Rambut Beruban

Ilustrasi. (dok. The List)

Topcareer.id – Banyak yang menganggap bahwa stres menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang cepat beruban bahkan di usia yang terbilang muda. Tapi apa ada bukti ilmiah atas anggapan itu?

Nah, ini dia. Anggapan itu benar adanya. Salah satu penelitian yang dilakukan Hardvard University mengatakan bahwa mereka menemukan keterkaitan antara uban dan stres.

Dikutip dari Studyfinds.org, Senin (24/2/2020), penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature itu mengungkapkan bahwa perasaan stres dapat mengaktifkan saraf-saraf yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pigmen yang meregenerasi sel induk dalam folikel, tempat rambut akan tumbuh.

Baca juga: Cara Membersihkan Rambut dan Pakai Sampo dengan Benar

Sel induk di folikel rambut ini pada dasarnya sebagai cadangan sel penghasil warna untuk rambut kita. Ketika rambut kita tumbuh atau beregenerasi, sel-sel induk ini membantu membuat warna alami di rambut kita.

Namun, jika kamu mengalami stres yang berlebih, tubuh akan melepaskan norepinefrin (hormon stres) sehingga mempengaruhi induk folikel dan akan menyebabkan kerusakan dan membuat rambut kamu tumbuh dengan warna putih.

Berbeda dengan uban karena faktor usia, penelitian tersebut juga mengatakan bahwa uban yang terjadi akibat stres mungkin masih dapat disembuhkan.

Jadi bagi kamu yang usianya masih muda, jangan mudah-mudah stres, ya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply