Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Gaji Pramugari Tingkat Terendah Rp 18 Juta. Ini Rinciannya

Ilustrasi (Dok. Wikipedia)

Topcareer.id – Profesi pramugari relatif diminati para kaum hawa. Baik itu dari lulusan SMA ataupun lulusan perguruan tinggi sekalipun. Nah, umumnya profesi ini diincar karena gajinya yang terbilang besar dan juga kamu dapat sekaligus berpergian ketika bertugas. Wah, enak bukan?

Tapi kalian tahu tidak, ternyata pendapat terbesar dari seorang pramugari bukan dari gaji pokoknya, lho. Untuk mengetahui rincian pendapatan pramugari di Indonesia, yuk cek artikel berikut ini.

Salah satu pramugari dari Batik Air mengatakan besaran pendapat yang diterima berdasarkan jam terbang dan tingkatan atau grade seorang pramugari yang terbagi atas 5 tingkatan yaitu FA1, FA2, FA3, FA4 dan FA5. Gambaran pendapatan yang akan diulas ini adalah dari pramugari tingkatan FA1, ya.

Baca juga: Ini 8 Hal yang Membuat Pramugari Kecewa

Gaji pokok
Untuk grade FA1, pramugari di Jakarta akan mendapat gaji Rp4,2 juta. Namun gaji itu masih dikurangi untuk BPJS dan asuransi, sehingga gaji bersih yang diterima sebesar Rp3,8 juta.

Gaji pata atau uang pata 7.500/jam
Uang pata ini dibayarnya saat pramugari terbang. Pramugari umumnya membawa pulang uang mulai dari Rp2 juta hingga Rp4 juta dari gaji pata ini. Jadi gaji ini tidak menentu, tergantung dari jam terbang yang setiap bulannya dilakukan seorang pramugari.

Gaji terbang
Gaji ini dihitung dari seberapa rajin seorang pramugari terbang. Jadi semakin rajin kita terbang semakin besar salary yang didapat. Setiap jamnyapun berbeda antara FA1 hingga FA5. Gaji terbang ini berkisaran antara Rp60 hingga Rp70 ribu setiap jamnya. Walaupun pendapatan dari gaji ini yang terbesar, para pramugari tidak bisa memilih jumlah jam terbang karena memang sudah dijadwalkan dari maskapai masing-masing.

Insentif
Insentif ini biasanya dibayarnkan pada akhir bulan. Insentif ini dibayarkan jika pramugari terbang di bawah jam 5 pagi atau terbang saat weekend dan hari besar lainnya seperti hari raya.

Jika ditotalkan seorang pramugari di Indonesia untuk tingkatan paling rendah bisa membawa pulang uang sekitar Rp10 hingga Rp18 juta. Wah, setara dengan manager berpengalaman, ya? *

Baca juga: Trik Rahasia Pramugari untuk Terbang Nyaman

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply