Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Putuskan Hubungan dengan Teman Toxic

Ilustrasi: 201tube.tv

Topcareer.id – Hubungan pertemanan dengan orang yang toxic tidak seharusnya berlanjut. Teman yang beracun secara perlahan bisa merusak kehidupanmu.

Banyak hal yang bisa mereka lakukan untuk membuatmu jadi teracuni dan tertular sifat toxic mereka. Kehidupanmu yang seharusnya tenang, bisa jadi mendadak terasa suram saat kamu berada dekat dengan mereka.

Mengutip bustle.com, Senin (24/02/2020), sebaiknya kamu segera putuskan hubungan dengan teman yang toxic sebelum mereka semakin merusak kehidupanmu. Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan.

Jangan sentimental
Setiap persahabatan, betapapun beracunnya, memiliki momen bagus. Tentu kamu memiliki ingatan tentang saat-saat yang menyenangkan, tetapi jangan meromantisasi masa lalu meskipun menggoda.

Jangan sentimental tentang mereka yang tidak pantas mendapatkannya. Simpan nostalgia kesukaanmu untuk orang-orang yang memperkaya hidupmu, dan bangunlah kenangan dengan mereka yang lebih berarti.

Baca juga: Apa Toxic Positivity dan Mengapa Itu Buruk?

Jujur
Jujurlah dengan diri sendiri, dan dengan temanmu. Komunikasikan kepada teman toxic kamu tentang keinginanmu untuk mengakhiri persahabatan.

Dengan begitu, mereka akan mengetahui agendamu dan tidak lagi mengharapkanmu, atau merasa disakiti karena kamu mengabaikannya.

Hapus
Hapuslah segala hal tentang sahabat atau temanmu yang toxic. Hapus semua kontak dan media sosialnya, karena ini hanya akan menjadi penghambatmu untuk pergi keluar dari lingkaran toxic mereka.

Berusaha dapatkan teman baru
Ketika kamu mengakhiri hubungan pertemanan yang toxic, temukanlah teman baru, atau investasikan lebih banyak waktu dalam persahabatan lain yang sudah ada dan lebih sehat. Kelilingi dirimu dengan cinta dan kebahagiaan, sehingga kamu akan lebih mudah melupakan orang yang jahat kepadamu.

Jangan terlibat kembali
Jika teman toxic kamu mencoba datang kembali kepadamu dangan membuat drama, kamu harus tegas untuk tetap tidak mau terlibat. Seorang teman yang toxic memiliki pola alami untuk menciptakan drama dan tahu bagaimana mengikat orang ke dalam teater beracun mereka dengan manipulasi. Jadi penting bagi kamu untuk bertindak tegas dan tidak tertipu lagi dengan mereka.

Baca juga: Hati-hati, Kesuksesan Ternyata Bisa Beracun

Utamakan dirimu
Biasanya dalam persahabatan yang toxic, kamu terbiasa mengutamakan kebutuhan teman kamu dan sering mengorbankan kebahagiaan kamu sendiri.

Untuk memotong hubungan seseorang yang toxic dari hidupmu, kamu harus menempatkan dirimu di urutan pertama. Lakukan itu tanpa rasa bersalah apa pun dari dinamika persahabatanmu selama ini.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply