Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Depresi Bisa Diobati, Ini Penjelasannya

Sumber foto: istockphoto.com

Topcareer.id – Kesedihan hanyalah perasaan yang bersifat sementara dan dipicu oleh hal-hal yang masih bisa ditolerir. Seseorang merasa sedih biasanya karena kecewa akan sesuatu yang tidak sesuai dengan harapannya.

Berbeda dengan kesedihan, depresi merupakan gangguan mental. Bila tidak segera ditangani, orang yang mengalami depresi bisa melakukan hal yang membahayakan dirinya sendiri.

Dilansir dari laman medicalnewstoday.com, Senin (24/02/2020), depresi masih bisa diobati dan disembuhkan. Ada treatment yang bisa diberikan kepada para penderitanya, seperti contohnya berikut ini.

Baca juga: Remaja Cewek yang Aktif di Media Sosial Lebih Rentan Depresi

Obat-obatan
Obat-obatan termasuk selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), sejenis antidepresan yang bisa digunakan. Ini berfungsi meningkatkan kadar serotonin di otak. Serotonin adalah pembawa pesan kimia yang membantu meningkatkan suasana hati. Contoh SSRI seperti citalopram, escitalopram, fluoxetine, dan sertraline.

Menurut Mayo Clinic, anggota keluarga harus memantau penderita ketika mulai menggunakan obat ini. Obat ini juga harus diresepkan dengan benar-benar teliti, cermat dan penuh perhitungan.

Baca juga: Mengapa Milenial Kini Lebih Depresi dan Bagaimana Mengatasinya

Psikoterapi dan konseling
Psikoterapi melibatkan berbicara dengan profesional terlatih. Seseorang bisa menjalani psikoterapi sendiri atau dengan dukungan obat antidepresan.

Seorang terapis akan membantu mengidentifikasi area masalah, mengajarkan mekanisme koping, dan mendidik penderita depresi tentang realitas kondisi yang dialaminya.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply