Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

7 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Ilustrasi: Verywell Fit

Topcareer.id – Alpukat adalah buah yang agak unik. Meski sebagian besar buah mengandung karbohidrat, alpukat kaya akan lemak sehat.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa alpukat memiliki manfaat kesehatan yang kuat. Seperti dikutip dari healthline.com, Selasa (25/02/2020), berikut manfaat kesehatan alpukat berdasarkan penelitian ilmiah.

Alpukat kaya akan nutrisi
Buah ini dihargai karena nilai gizinya yang tinggi dan bisa ditambahkan ke berbagai hidangan karena rasanya yang enak dan tekstur yang kaya. Alpukat telah menjadi makanan yang sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan. Buah ini sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Mengandung lebih banyak kalium daripada pisang
Kalium adalah nutrisi yang kebanyakan orang tidak cukup mendapatkannya. Nutrisi ini membantu menjaga gradien listrik dalam sel-sel tubuhmu dan melayani berbagai fungsi penting. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh yang baik untuk jantung
Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat, yakni asam lemak tak jenuh tunggal yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun. Lemak dalam alpukat juga agak tahan terhadap oksidasi yang disebabkan oleh panas, membuat minyak alpukat menjadi pilihan yang sehat dan aman untuk memasak.

Alpukat kaya serat
Serat adalah nutrisi yang juga banyak terkandung dalam alpukat. Serat alpukat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah, dan sangat terkait dengan menurunkan risiko dari banyak penyakit.

Alpukat dapat menurunkan kolesterol dan kadar trigliserida
Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Ini termasuk kolesterol, trigliserida, penanda inflamasi, tekanan darah dan sebagainya. Delapan studi terkontrol pada manusia telah meneliti bahwa alpukat memiliki efek yang menurunkan risiko-risiko ini.

Alpukat kaya antioksidan yang melindungi kesehatan mata
Alpukat tidak hanya meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, tetapi juga antioksidan tinggi. Ini termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang sangat penting untuk kesehatan mata. Karena itu, makan alpukat juga bermanfaat bagi kesehatan mata kamu dalam jangka panjang.

Alpukat membantu menurunkan berat badan
Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat dengan makanan merasa 23% lebih puas dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan selama 5 jam berikutnya. Alpukat juga tinggi serat dan karbohidratnya sangat rendah. Dua atribut ini membantu mempromosikan penurunan berat badan.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply