Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 9, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Kebiasaan Toxi yang Harus Kamu Buang

Ilustrasi. (dok. iStock)

Topcareer.id – Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kehidupanmu adalah perilakumu sendiri. Maka kamu perlu menghindari setiap kebiasaan buruk dan menjauhi hal toxic atau beracun dari dirimu.

Kebiasaan baik dapat secara positif meningkatkan hidupmu, sedangkan kebiasaan beracun tertentu dapat membahayakan kesehatan mental dan kesehatan fisikmu.

Dikutip dari Codeofliving.com, Selasa (25/02/2020), yuk mulai bebaskan dirimu dari kebiasaan beracun berikut ini.

Baca juga: Cara Putuskan Hubungan dengan Teman Toxic

Membandingkan dirimu dengan orang lain dan merasa remeh
Penting untuk mengetahui bahwa kamu berbeda dengan orang lain, termasuk keahlianmu pun berbeda. Tidak ada gunanya bersaing dengan yang lain karena kamu memiliki tujuan yang berbeda dan cara yang berbeda untuk mencapainya. Membandingkan dirimu dengan orang lain adalah salah satu perilaku paling beracun. Karena dengan begitu kamu tidak akan pernah benar-benar puas dengan pencapaianmu.

Menjadi bagian dari drama
Drama menyebabkan banyak tekanan emosional, ketegangan mental dan dapat menyebabkan orang terluka. Pikirkan sebelum kamu bereaksi terhadap situasi apa pun. Salah satu cara untuk menghindari drama adalah dengan secara sadar berusaha tetap tenang dan tidak menambahnya. Berhentilah menjadi bagian dari drama.

Berpikir negatif
Semua pikiran negatif akan mengarah pada tindakan negatif, dan cepat atau lambat kamu akan mendapati dirimu jatuh, dengan hanya energi buruk yang mengelilingi dirimu. Pikiran negatif membuatmu cemas, kehilangan fokus pada apa yang ingin kamu lakukan. Berhentilah membangun skenario negatif di kepala kamu, dan fokus pada kinerjamu.

Baca juga: Apa Toxic Positivity dan Mengapa Itu Buruk?

Terlalu bergantung pada orang lain
Memang benar bahwa hidup tidak menyenangkan tanpa orang-orang yang bisa kamu habiskan waktunya bersamamu. Tetapi jangan bergantung pada mereka sebagai satu-satunya sumber kamu untuk merasa bahagia. Kebiasaan menyenangkan orang lain agar mereka bisa membahagiakanmu adalah racun yang dimiliki sebagian besar orang. Berhentilah bergantung pada orang lain dan tingkatkan kepercayaan dirimu.

Obsesi terhadap kesempurnaan
Jangan mengejar tujuan kesempurnaan untuk semua yang kamu lakukan. Sebab, kamu hanya akan berakhir dengan frustrasi dan kekecewaan. Sejujurnya, kesempurnaan hanyalah mitos. Gagasan tentang seberapa sempurna sesuatu dapat terjadi tidak berlaku untuk semua orang. Setiap orang memiliki keterbatasan, berhentilah berjuang untuk kesempurnaan, berikan saja yang terbaik yang kamu bisa.

Tidak bisa lepas dari masa lalu dan terlalu khawatir tentang masa depan
Menghidupkan kembali masa lalu hanya membawa rasa sakit dan kesedihan, dan dapat menurunkan harga dirimu. Itu membuatmu percaya bahwa dirimu adalah beban. Demikian pula masa depan, itu tidak bisa diramalkan. Jadi tidak ada gunanya mengkhawatirkannya dan merusak masa kini. Meskipun baik untuk memiliki tujuan, impian, rencana untuk masa depan, namun janganlah mengubahnya menjadi kekhawatiran. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply