Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, July 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Apa Untungnya Perusahaan Bikin Job Tittle yang Aneh-aneh?

Ilustrasi (Dok. USA Today)

Topcareer.id – Coba kamu cari di Google dengan kata kunci “posisi baru paling aneh di perusahaan” atau dalam bahasa Inggris “weirdest new positions at companies.” Kamu akan menemukan job tittle seperti Conversation Architect, Digital Overlord, Dream Alchemist, dan Retail Jedi.

Pada awalnya, judul-judul ini tampak seperti cara pintar yang digunakan oleh perusahaan tradisional untuk menggambarkan posisi lewat hal yang lebih kreatif. Itu bentuk upaya mengubah citra diri mereka di kalangan milenial sebagai sesuatu yang inovatif dan progresif.

Tetapi apakah mereka benar-benar membantu budaya perusahaan atau mereka hanya tipuan untuk menarik perhatian semua orang di media sosial?

Baca juga: Job Desc Business Development Manager (dan Apa Kriterianya)

Menurut Business Insider, reporter budaya kerja Wall Street Journal, Te-Ping Chen baru-baru ini melaporkan bahwa semakin banyak perusahaan menambahkan beberapa “pizzazz” (hal-hal menarik) pada jabatan pekerjaan mereka.

“Itu merupakan suatu langkah yang dirancang untuk menarik pelamar baru dan menyegarkan citra perusahaan yang tenang.”

Salah satu contoh seperti itu datang dari Bandara Heathrow baru-baru ini diumumkan telah merekrut Reggie Yates sebagai “Kurator Budaya” pertama mereka. Yates, seorang tokoh populer dan disukai di British Pop Culture, akan menjadi tuan rumah seri dokumen baru, Created in UK, dalam upaya untuk menyoroti beragam komunitas kreatif Inggris.

Yates akan melakukan perjalanan keliling Inggris untuk menemukan talenta yang muncul, mewawancarai artis baru, dan menyoroti komunitas lokal.

Apa keuntungan Bandara Heathrow dari ini?

Baca juga: Ini Dia Most Wanted Job 2020

Bandara Heathrow telah lama membuktikan dirinya sebagai bandara kelas dunia tetapi biasanya tidak sebagai pusat kreatif. Namun, dalam mempekerjakan “Kurator Budaya” kita sekarang menemukan Heathrow di pusat percakapan kreatif ini, memperluas kehadirannya sebagai titik fokus kreatif di dunia.

“Kami tahu kapan kami terikat dengan keinginan orang, (kami membangun) budaya yang lebih kuat dan membangun hubungan dan merasa mendukung di tempat kerja,” kata Susan Stelter, Chief People Officer di West Monroe Partners, dalam The Ladders.

Hubungkan ini dengan penelitian yang menunjukkan bahwa jabatan, atau perubahan jabatan, dapat memengaruhi perasaan tentang posisimu. Judul itu sesuatu yang berbeda dan itu benar-benar menjadi sesuatu yang berbeda.

Sebuah studi tahun 2014 melaporkan bahwa 85% karyawan Midwest chapter dari Make-A-Wish Foundation yang menerima jabatan baru mengatakan mereka mendapat manfaat secara emosional dari perubahan itu.

Jika ini benar, maka kita harus mempertimbangkan bahwa judul-judul yang disebutkan di atas seperti Retail Ninja dan Digital Overlord bukan hanya cara-cara kreatif untuk memberikan judul pekerjaan tetapi cara nyata dan efektif untuk meningkatkan moral dan berpotensi membangun kepemimpinan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply