Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Virus Korona Dikhawatirkan Menyebar Tak Terdeteksi di Asia Tenggara

Ilustrasi virus korona. (dok. Forbes)

Topcareer.id – Kasus-kasus virus korona di luar pusat wabah, China, meningkat secara cepat, seperti Korea Selatan, Iran, juga Italia.

Perlahan kasus baru juga bermunculan di negara lainnya seperti Denmark, Estonia, bahkan Nigeria. Tapi negara di Asia Tenggara seolah “kebal” virus itu, termasuk Indonesia.

Para ahli kesehatan sangat skeptis dengan angka yang dilaporkan oleh tetangga China, dan percaya infeksi mematikan menyebar secara tidak terdeteksi di sebagian besar Asia Tenggara.

Dengan semakin banyaknya kelompok infeksi yang tumbuh di luar daratan China, tempat virus itu berasal, banyak yang khawatir kantong-kantong ini sebenarnya menopang penyebaran dan mendorong dunia menuju pandemi global.

Baca juga: Wabah Korona: Arab Saudi Tutup Mekkah dan Madinah bagi Warga Asing Umrah

Virus korona Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 83.000 orang dan membunuh lebih dari 2.850 orang, terutama di Tiongkok. Kasusnya juga telah menyebar ke lebih dari empat lusin negara, dan telah diidentifikasi sejauh Brasil dan Finlandia.

Anehnya, yang tidak ada dalam daftar adalah Myanmar dan Laos, yang berbatasan dengan Cina, serta Brunei, Timor Leste, dan Indonesia, padahal setiap hari melakukan penerbangan langsung ke pusat wabah, Wuhan.

“Dinamika transmisi virus ini seperti flu, sangat sulit untuk dihentikan,” kata Richard Coker, seorang profesor kesehatan masyarakat yang berpusat di London School of Hygiene and Tropical Medicine, Bangkok, seperti dikutip dari laman Time.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply