Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Virus Korona Dikhawatirkan Menyebar Tak Terdeteksi di Asia Tenggara

Ilustrasi virus korona. (dok. Forbes)

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menegaskan tidak akan memangkas perjalanan udara. Dia juga menolak untuk mengevakuasi warga yang terdampar di Wuhan, seperti yang dilakukan negara-negara lain.

Tetapi penolakan keras Hun Sen terhadap risiko penyakit telah memicu kekhawatiran bahwa Kamboja, hotspot pariwisata dengan sumber daya kesehatan yang terbatas, akan menjadi satu lagi vektor penularan.

“Gantinya adalah kesehatan rakyatnya. Kamboja telah menjadi mata rantai terlemah: negara dengan perawatan kesehatan yang buruk, pengawasan penyakit yang buruk, dan rap yang panjang yang tidak melaporkan,” kata Sophal Ear, seorang ahli politik Kamboja di Occidental College, California.

Awal bulan ini, sebuah studi oleh lima peneliti di Harvard T.H. Chan School of Public Health menyimpulkan bahwa secara statistik, tidak masuk akal bahwa Kamboja dan Thailand tidak memiliki lebih banyak kasus, dan hampir tidak mungkin bahwa Indonesia, negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, belum melaporkan satu pun.

Menurut mereka, berdasarkan penerbangan langsung dari Wuhan, Indonesia seharusnya memiliki setidaknya lima pasien sekarang.

“Bukannya negara-negara ini beruntung. Mereka melewatkan siapa yang terinfeksi,” kata Marc Lipsitch, direktur Center for Communicable Disamics Dynamics Center, Harvard, dan salah satu penulis penelitian.

Leave a Reply